.

Referensi Fakta Unik tentang Indonesia

 

Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang empat kali ganti ibu kota. Berdasarkan referensi sejarah perjuangan bangsa Indonesia, hal ini lebih disebabkan kondisi bangsa yang masih dalam perjuangan merebut dan mempertahanakan kemerdekaan. Daerah yang pernah menjadi Ibu kota negara yaitu:
  1. Jakarta (tahun 1945 sampai 1946)
  2. Jogyakarta (tahun 1946 sampai 1948)
  3. Bukit Tinggi (tahun 1948 - sampai 1949)
  4. Kembali ke Jakarta (tahun 1949 sampai sekarang)
Indoneisa adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki penduduk berpenyakit latah. Penyakit ini tidak berlaku di dunia barat sana. Beberapa sumber menyebutkan, sebenarnya latah hanya ada di Asia Tenggara. Namun, dari sumber terakhir menyebutkan, latah hanya ada di Indonesia. Konon kabarnya, ini disebabkan karena masyarakat Indonesia lebih suka meniru, maka dianggap wajar masyakat Indonesia banyak yang mengalami penyakit latah. Tidak adanya orang barat yang mengalami ini,maka Latah disebut juga dengan istilah Culture Bound Syndrome.
Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang beribu kota dengan Pusat Perbelanjaan terbanyak. Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta memiliki tata ruang yang sangat sangat berantakan. Di kota ini berdiri 130 pusat perbelanjaan. Banyak wilayah di Jakarta yang tadinya direncanakan untuk kawasan hunian, konservasi, bahkan resapan air namun diubah menjadi pusat perbelanjaan.
Referensi lain menyebutkan, banyaknya pusat perbelanjaan di Jakarta, adalah penyebab utama kemacetan, berbarengan dengan jumlah ruas jalan dan kendaraan yang tidak seimbang
Indonesia merupakan Negara dengan mempunyai suku terbanyak yaitu 740 suku. Referensi lain menyebutkan, bahwa suku terbesar adalah suku jawa berdasarkan jumlah penduduk dengan suku asli Jawa. Dari 740 suku tersebut, jumlah bahasa sekitar 500 lebih bahasa dan dialek.
Fakta unik lain, Prestasi anak Indonesia yang sedikit dikenali masyarakat
Gamelan ada di singapura, dan menjadi mata pelajaran wajib di semua sekolah di singapura karena keunikan bunyi gamelan. Bunga kimulungsia. Presiden korea mengatakan bunga ini sangat menarik, dan Airbridge, yaitu tangga penghubung ke pesawat. Hampir semua bandara internasional ini ternyata telah mempergunakan Airbridge, yang merupakan dibuat pertama kali di Indonesia.
Referensi Makalah®
*Sumber GlobalTV
Referensi Fakta Unik tentang Indonesia 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Fakta unik lain, Prestasi anak Indonesia yang sedikit dikenali masyarakat Gamelan ada di singapura, dan menjadi mata pelajaran wajib di semua sekolah di singapura karena keunikan bunyi gamelan. Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang empat kali ganti ibu kota. Berdasarkan referensi sejarah perjuangan bangsa Indonesia, ha...


Advertisement
Post a Comment