.

Pengertian Media; Sebuah Pengantar

 

Kata media berasal dari bahasa latin medium yang secara harfiah berarti "tengah", "perantara", atau "pengantar". Dalam bahasa Arab, media adalah perantara (وسائل) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Ada juga mengartikan bahwa media (medium) berarti saluran atau alat menyalurkan.
Media adalah untuk menyebarluaskan pesan-pesan kepada khalayak umum meliputi surat kabar, radio, televise, film dan sebagainya. Menurut Anwar Arifin bahwa media atau medium adalah untuk menyampaikan isi jiwa manusia. Media merupakan wahana penyaluran informasi belajar atau penyaluran pesan.
Batasan lain yang telah dikemukakan oleh para ahli yang sebagian di antaranya akan diberikan berikut ini. AECT (Association of Education and Communication Technology, memberi batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi.
Di samping sebagai sistem penyampaian atau pengantar, media yang sering diganti dengan kata mediator menurut Fleming (1987: 234) adalah penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak yang mendamaikannya. Dengan istilah mediator media menunjukkan fungsi atau perannya, yaitu mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak yang utama.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Syaiful Bahri Djamara dan Azwan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1996). Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Cet. III; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002). Anwar Arifin, Strategi Kumunikasi Sebuah Pengantar Ringkas, (Bandung: Armiko, 1984). Departemen P dan K RI., Ensiklopedia Indonesia, (Cet. V; Jakarta: Ikhtiar Baru van Hoeve, 1991). Seels, B.B. and Richey, R. C., Instructional Technology: The Defenition of Domain of the Field, (Washinton: AECT, 1994).
Pengertian Media; Sebuah Pengantar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Batasan lain yang telah dikemukakan oleh para ahli yang sebagian di antaranya akan diberikan berikut ini. AECT (Association of Education and Communication Technology, memberi batasan tentang media sebagai segala bentuk Kata media berasal dari bahasa latin medium yang secara harfiah berarti "tengah", "perantara", atau "pengantar&qu...


Advertisement
Post a Comment