.

Pengertian Filologi; Pengantar

 

Secara etimologi, filologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Philos dan Philein yang berarti cinta dan logos berarti kata. Pada kedua kata itu membentuk arti cinta kata atau senang bertutur. Makna ini kemudian berkembang menjadi senang belajar atau senang kebudayaan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, Filologi berarti ilmu tentang perkembangan ilmu kerohanian suatu bangsa dan kekhususannya atau tentang kebudayaan berdasarkan bahasa dan sastranya.
Secara terminologis disebut sebagai ilmu yang mempelajari bahasa, budaya dan sejarah suatu bangsa melalui bahan tertulis. Dewasa ini istilah filologi diartikan sebagai ilmu yang menyelidiki masa kuno dari nilai berdasarkan naskah-naskah tertulis, walaupun ahli filologi akhir-akhir ini mulai menyadari bahwa sedikit pengetahuan tentang linguistik umum, sudah bermanfaat bagi usaha mereka.
Ilmu filologi tidak sama dengan ilmu linguistik. Jadi ahli bahasa Jawa kuno misalnya atau ahli bahasa Melayu klasik, tak perlu menjadi spesialis linguistik umum. Demi untuk penelitian filologi, sedikit pengetahuan tentang linguistik umum sudah memadai.
Dari sini filologi dipergunakan pula sebagai sebutan untuk ilmu bahasa sebelum De Saussure dan juga sesudahnya, terutama di Inggris poada abad ke 19, para ahli bahasa sering menyelidiki masa lalu bahasa tertentu dengan tujuan untuk menafsirkan naskah kuno. Dalam menafsirkan naskah kuno tersebut, dilakukan pula penyelidikan berbagai hubungan antara bangsa yang serumpun.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Sulastin Sutrisno, Relevansi Studi Filologi, pidato pengukuhan jabatan guru besar pada fakultas Sastra dan Kebudayaan UGM, Yogyakarta, pada tanggal 19 Maret 1981. Dep. P dan K, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Cet. III; Jakarta : Balai Pustaka, 1990). Suwardi Notosudirdjo, Kosa Kata Istilah Linguistika (Cet. I; Yogyakarta : Kanisius, 1991). J.W.M. Ver Haar, et.al., Asas-Asas Linguistik Umum (Cet. II; Yogyakarta0 : UGM Press, 1999). Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid V (Cet. I; Jakarta : PT. Cipta Adi Pustaka, 1989).
Pengertian Filologi; Pengantar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dari sini filologi dipergunakan pula sebagai sebutan untuk ilmu bahasa sebelum De Saussure dan juga sesudahnya, terutama di Inggris poada abad ke 19, Secara etimologi, filologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Philos dan Philein yang berarti cinta dan logos berarti kata. Pada kedua kata...


Advertisement

No comments:

Post a Comment