.

Pengertian Epistemologi; Pengantar

 

Dalam khazanah filsafat, secara singkat epistemologi diartikan sebagai teori ilmu pengetahuan. Pembicaraan dalam epistemologi pada pokoknya berhubungan dengan upaya untuk menjawab bagaimana karakteristik pengetahuan ilmiah, bagaimana metodologi untuk memperolehnya dan apa kriteria keabsahan dan kebenarannya serta bagaimana mengujinya.
Epistemologi merupakan bentukan dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu episteme yang berarti pengetahuan dan logos yang juga berarti pengetahuan atau informasi. Jadi epistemologi adalah pengetahuan tentang pengetahuan.
Epistemologi dapat juga didefinisikan sebagai penelitian pada persoalan yang mencakup sumber pengetahuan atau jenis tertentu dari pengetahuan dalam kamus filsafat dan psikologi epistemologi diuraikan sebagai sejarah mengenai pengenalan cabang ilmu pengetahuan yang menitikberatkan terhadap timbulnya pengertian-pengertian atau konsep yang meliputi waktu, ruang, kualitas, kesadaran dan keabsahan pengetahuan. Sedangkan menurut Ahmad Tafsir epistemologi adalah membicarakan sumber pengetahuan dan bagaimana cara memperoleh pengetahuan. Epistemologi juga bisa diartikan sebagai kajian teori pengetahuan, asal-usul, anggapan dasar, tabiat, dan kecermatan (kebenaran dan keabsahan).
Epistemologi membahas secara mendalam segenap proses yang terlihat dalam usaha untuk memperoleh pengetahuan. Dengan kata lain epistemologi adalah suatu teori pengetahuan. Ilmu merupakan pengetahuan yang diperoleh melalui proses tertentu yang dinamakan metode keilmuan. Kegiatan dalam mencari pengetahuan tentang apapun selama hal itu terbatas pada objek empiris dan pengetahuan tersebut diperoleh dengan mempergunakan metode keilmuan. Hakekat keilmuan ditentukan oleh cara berpikir yang dilakukan menurut syarat keilmuan yaitu bersifat terbuka dan menjunjung kebenaran di atas segala-galanya.
Referensi Makalah®
*Berbagai sumber
Pengertian Epistemologi; Pengantar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Epistemologi dapat juga didefinisikan sebagai penelitian pada persoalan yang mencakup sumber pengetahuan atau jenis tertentu dari pengetahuan dalam kamus filsafat dan psikologi epistemologi diuraikan sebagai sejarah mengenai pengenalan cabang ilmu Dalam khazanah filsafat, secara singkat epistemologi diartikan sebagai teori ilmu pengetahuan. Pembicaraan dalam epistemologi pada pokoknya...


Advertisement

No comments:

Post a Comment