.

Pengertian al-Mashlahah Menurut Abd. Wahab Khallaf dan Abu Zahrah

 

Secara etimologis, term al-mashlahah adalah sekar dengan al-shulh dan al-shalah, yaitu lawan dari kata al-fasad. Al-mashlahah berarti manfaat, faedah, guna, atau kebaikan.
Sedangkan secara terminologis, dapat penulis paparkan beberapa pendapat ulama, sebagai berikut:
Menurut ‘Abd al-Wahhab Khallaf, al-mashlahah adalah kemanfaatan hamba yang diwujudkan oleh syari’ melalui tasyri’ hukum dan menganggapnya sebagai illat tasyri’ tersebut.
المصالح هي التي شرع الشارع أحكاما لتحقيقها ودل على اعتبارها عللا لما شرعه.
Menurut Ab­ Zahrah, al-mashlahah adalah semua manfaat yang hakiki yang sesuai dengan maksud-maksud syari’ yang di dalamnya terkandung maksud menjaga lima prinsip kebutuhan manusia: menjaga agama, jiwa, akal, nasl, dan harta.1
المصلحة الحقيقة هي ترجع إلى المحافظة على خمسة أمور: الدين والنفس والعقل والنسل والمال.
Dari beberapa pendapat tersebut dapat dipahami bahwa al-mashlahah itu merupakan dasar tasyri’ Islam yang berdiri sendiri, walaupun eksistensinya diperselisihkan para ulama ushul. Ia dijadikan landasan istinbath hukum yang tidak terdapat nas yang sharih dan Ijmak ulama yang menerangkan hukum tersebut.
Kepustakaan:
[1] Ab­ al-Fadhl Jamal al-Din ibn Mukarram ibn Manzur, Lisan al-Lisan Tahzib al-Lisan al-‘Arabiy, Juz II(Bair­t: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1993), h. 31.
Pengertian al-Mashlahah Menurut Abd. Wahab Khallaf dan Abu Zahrah 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Secara etimologis, term al-mashlahah adalah sekar dengan al-shulh dan al-shalah, yaitu lawan dari kata al-fasad. Al-mashlahah berarti manfaat, faedah, guna, atau kebaikan. Secara etimologis, term al-mashlahah adalah sekar dengan al-shulh dan al-shalah, yaitu lawan dari kata al-fasad . Al-mashlahah berarti man...


Advertisement
Post a Comment