.

Referensi Makalah; Pengertian Evaluasi

 

Menurut bahasa, evaluasi (value) berasal dari bahasa Inggris evaluate, yang berarti menilai dan menaksir. Dalam bahsan Arab, semakna dengan قيمة yang berarti nilai, jumlah seperti قيمة اسمية berarti nilai nominal, atau dapat pula searti dengan المقدار yang berarti jumlah. Dapat pula berarti تقدير , تثمين , تقويم , تخمين yang berarti penilaian, estimate, evaluation.
Dalam pengertian umum, evaluasi berarti penilaian terhadap segala sesuatu. Menurut Ahmad Tafsir, ada tiga istilah yang kadang-kadang diartikan sama dalam peristilahan penilaian yaitu istilah test, measurement, dan evaluation. Dalam bahasa Indonesia, dikenal istilah ujian.
Test atau testing, dalam arti umum dapat berarti mengetest kekuatan sesuatu benda dan dapat pula berarti mengetest kemampuan sebuah kelas dalam suatu bidang studi, dapat pula berarti mengetest tingkat kecerdasan seseorang, kesehatannya, serta kemampuan-kemampuannya yang tertentu. Sekarang pengertian tersebut di sekolah telah menjadi begitu luas, sehingga meliputi pengertian measurement dan evaluation.
Secara operasional, evaluasi ialah usaha mengumpulkan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar yang dapat dijadikan dasar untuk menentukan perlakaukan selanjutnya. Dengan demikian, evaluasi pendidikan agama adalah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu pekerjaan dalam pendidikan agama. Evaluasi adalah alat untuk mengukur kemampuan dan penguasaan peserta didik terhadap bahan pendidikan yang telah diberikan.
Adapun evaluasi yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah evaluasi di sekolah, yaitu penilaian terhadap kemampuan peserta didik dalam menguasai bahan, khususnya mengenai pengajaran dan pendidikan agama.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
John M. Echolson dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: PT Gramedia, 1996. Ahmad Warson Munawwir, Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia, Yogyakarta: Pesantren al-Munawwir, 1984. Abd bin Nuh dan Oemar Bakrie, Kamus Indonesia-Arab-Inggris, Jakarta: Mutiara, 1974. Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1999. Zuhairini, et al., Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
Referensi Makalah; Pengertian Evaluasi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dalam pengertian umum, evaluasi berarti penilaian terhadap segala sesuatu. Menurut Ahmad Tafsir, ada tiga istilah yang kadang-kadang diartikan sama dalam peristilahan penilaian yaitu istilah test, measurement, dan evaluation. Menurut bahasa, evaluasi (value) berasal dari bahasa Inggris evaluate, yang berarti menilai dan menaksir. Dalam bahsan Arab, semakna dengan...


Advertisement
Post a Comment