.

Referensi Makalah; Pengertian Ayat

 

Ketika membaca al-Quran sebagai kitab suci pegangan kaum muslimin, sering kita mendengar kata ayat. Apa makna kata ayat tersebut, berikut penjelasannya: Kata “ayat” yang jamaknya “ayah”, secara etimologi mengandung banyak arti, diantaranya:
Mukjizat, sebagaimana firman Allah dalam QS. al-Baraqah (2):21.

  • Tanda atau alamat, sebagaimana firman Allah dalam QS. al-Baqarah (2) : 248
  • Ibrah atau pelajaran, sebagaimana firman Allah dalam QS. Hud (11) :103.
  • Sesuatu yang menakjubkan, sebagaimana firman Allah dalam QS. al-Mu’minun (23):50
  • Bukti dan dalil sebagaimana firman Allah dalam QS. al-Rum (30):22.

  • Adapun pengertian ayat secara terminologi yaitu bagian terkecil atau terpendek dari surah yang ada dalam al-Quran, terdiri atas satu atau sejumlah huruf dan kalimat yang mempunyai arti. Menurut al-Zarqaniy, ayat merupakan satu kelompok kata yang mempunyai permulaan dan akhir, berada dalam suatu surah dalam al-Quran.
    Berdasarkan beberapa pengertian di atas, antara pengertian etimologis dan terminologis masih mempunyai relevansi yang sangat kuat. Sebab sebenarnya ayat-ayat al-Quran itu merupakan Mukjizat Nabi Muhammad saw. dan juga merupakan tanda atau alamat yang menunjukkan kebenaran kenabian Muhammad saw serta mengandung pelajaran dan peringatan kepada segenap manusia. Di dalamnya memuat hal-hal yang sangat mengagungkan dan menakjubkan yang pada kenyataannya tergabung dalam kelompok kalimat atau kata serta huruf yang berfungsi sebagai bukti atau dalil atas ke Mahabesaran dan ke-Mahakuasaan Allah swt.
    Mengenai jumlah keseluruhan ayat-ayat al-Quran, terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan ini disebabkan antara lain karena adanya sebagian ulama yang memasukkan Fawatih al-Suwar sebagai satu ayat tersendiri.
    Referensi Makalah®
    Kepustakaan:
    Al-Zarqany, Manahil al-‘Irfan Fi ‘Ulum Alquran, Juz I, Mesir : Isa al-Babi al- Halaby, t.th. Ensiklopedia Islam, Jilid I, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1993.
    Referensi Makalah; Pengertian Ayat 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Adapun pengertian ayat secara terminologi yaitu bagian terkecil atau terpendek dari surah yang ada dalam al-Quran, terdiri atas satu atau sejumlah huruf dan kalimat yang mempunyai arti. Ketika membaca al-Quran sebagai kitab suci pegangan kaum muslimin, sering kita mendengar kata ayat. Apa makna kata ayat tersebut, berikut p...


    Advertisement
    Post a Comment