.

Referensi Makalah; Islam di Kanada

 

Penganut agama Islam di Kanada, pada awalanya berasal dari Turki dan dari wilayah yang berada di bawah kekuasaan Turki Usmaniyah yang dikenal sebagai Suria Raya, dan sebagian berasal dari Asia Selatan. Dilaporkan bahwa jumlah muslim di Kanada pada awalnya, yakni pada tahun 1871, hanya 13 orang. Pada tahun 1901, jumlah mereka mencapai 300 hingga 400 orang, dan pada tahun 1911, jumlah mereka sekitar 1.500 orang.
Walaupun populasi muslim di Kanada sangat minoritas, namun dari tahun ke tahun jumlah mereka semakin bertambah. Hal tersebut dikarenakan tingginya tingkat kelahiran imigran muslim, yakni 2,5 persen dan tercatat saat ini (tahun 2005) ada sekitar 600 ribu umat muslim di Kanada (meski menurun tahun 2012), dan jadilah Islam di Kanada menjadi agama nomor dua terbesar. Hal ini, membawa konsekuensi makin luasnya pula lingkup kehidupan umat muslim. Mereka pun pada akhirnya bekerja di pelbagai bidang, serta terlibat dalam banyak hal di tengah masyarakat.
Kondisi Islam di Kanada didominasi muslim dengan paham Sunni. Selain itu, terdapat berbagai kelompok Syi’ah, seperti Ismailiyah dan Imamiyah. Diperkirakan Sunni merupakan mayoritas (kira-kira 70 persen), diikuti oleh Ismailiyah (20 persen), dan Imamiyah serta kelompok-kelompok lainnya, seperti Ahmadiyah (Qadian), berjumlah seimbang. Juga terdapat tarekat spiritual, yakni Tarekat Naqsyabandiyyah Montreal yang berafiliasi kepada pusat tarekat yang berada di Cyprus. Pimpinan utama tarekat Naqsyabandiyah rata-rata berpendidikan tinggi.
Sejumlah lembaga organisasi keagamaan dan sosial penting bermunculan, baik di tingkat lokal maupun nasional. Inilah yang disebut dengan rabithah al-alam al-islamiy. Pada tingkat nasional di Kanada, ada Dewan Komunitas Muslim Kanada (CMCC), yang didirikan oada tahun 1972, merupakan organisasi payung yang penting. CMCC tumbuh berkat komitmen untuk mandiri dan kebutuhan yang dirasakan untuk masalah yang pemeluk Islam di Kanada. Lembaga ini, juga menaungi aliran-aliran yang berkembang di Kanada, misalnya Sunni dan Syi’ah.
Ditemukan data bahwa, jika dibandingkan dengan negara-negara Barat yang lain, masyarakat Islam di Kanada relatif lebih “bersahabat” terhadap umat agama non Kristen, termasuk Islam. Tingginya sikap toleransi di sana membuat angka kekerasan yang bermotif agama dan ras relatif bisa diminimalisasi.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
John L. Esposito, The Oxford Encyclopedia of The Modern Islamic World di-terjemahkan oleh Eva Y.N, et all dengan judul Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern (Cet. II; Bandung: Mizan, 2002). Sri Mulyati, “Studi dan Mengamati Praktek islam di Kanada Menemukan Tarekat Naqsyabandiyah Cabang Montreal” dalam Yudian W Asmin (ed), Pengalaman Belajar Islam di Kanada (Cet. I; Yogyakarta: Fermika, 1997).
Referensi Makalah; Islam di Kanada 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Sebagian besar muslim Kanada adalah Sunni. Selain itu, terdapat berbagai kelompok Syi’ah, seperti Ismailiyah dan Imamiyah. Diperkirakan Sunni merupakan mayoritas (kira-kira 70 persen), Penganut agama Islam di Kanada, pada awalanya berasal dari Turki dan dari wilayah yang berada di bawah kekuasaan Turki Usmaniyah yang diken...


Advertisement
Post a Comment