.

Isim Ma'rifah dan Isim Nakirah

 

Ism (kata benda) terbagi dua yaitu ism ta’rif (ma’rifah) dan ism tankir (nakirah). Ma’rifah berarti sesuatu yang dicapai dari padanya. Adapun dalam Mu’jam Maqayis al-Lugah, ma’rifah diartikan sesuatu yang dikenal. Jadi yang dimaksud ism ta’rif (ma’rifah) adalah ism (kata benda) konkrit atau abstrak yang menunjuk kepada benda tertentu.
Ism al-ma’rifah dalam bahasa arab terdiri atas: al-dama’ir, ism ‘alam, ism isyarat, ism al-mausul, ism yang dima’rifakan dengan alif lam, ism yang disandarkan pada ism yang berbentuk ma’rifah maka ism tersebut menjadi ma’rifah meskipun sesungguhnya berbentuk nakirah, dan berbentuk munada yang ditentukan artinya ism nakirah yang dikhususkan dengan huruf nida sehingga statusnya berubah menjadi ma’rifah.
Sedangkan tankir (ism al-nakirah) secara bahasa tidak tahu, kata benda indefinite, adapun dalam kamus al-Munjid nakirah diartikan mengingkari sesuatu lawan dari ma’rifah. Jadi tankir (ism al-nakirah) adalah ism (kata benda) yang tidak dikenal/tidak tentu atau yang tidak menunjukkan kepada sesuatu atau seseorang tertentu. Sementara Mustafa al-Ghulayaini memberikan defenisi bahwa tankir adalah ism yang tidak memiliki makna tertentu. Adapun ciri-ciri nakirah adalah semua ism yang tidak beralif lam dan bukan termasuk dalam salah-satu cabang ism ma’rifah.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Louis Ma’luf, al-Munjid Fi al-Lughah wa al-I’lam, Beirut: Dar al-Masyriq, t.th. Abu al-Husain Ahmad bin Faris bin Zakariya, Mu’jam Maqayis al-Lughah, Juz IV, Beirut: Dal al-Jil, 1991. Fuad Ni’mah, Qawa‘id al-Lugah al-Arabiyyah, Beirut: Dar al-Sakafiyyah al-Islamiyyah, t.th. Abu Muhammad Abdillaah Jamal an-Din bin Yusuf bin Ahmad bin Abdillah bin Hisyam bin al-Ansari, Awdahu al-Masalik ila al-Fiyyah Ibn Malik Juz IV, Dar al-Jail: Bairut, 1979. Atabik Ali dan Ahmad Zuhdi Muhdlor, Kamus Karabiyak al-Ashriy, Yogyakarta: Multi Karya Grafika, 2003. Mustafah al-Gulayaini, Jami’ al-Durus al-‘Arabiyah, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiah, 2004.
Isim Ma'rifah dan Isim Nakirah 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Ism al-ma’rifah dalam bahasa arab terdiri atas: al-dama’ir, ism ‘alam, ism isyarat, ism al-mausul, ism yang dima’rifakan dengan alif lam, Ism (kata benda) terbagi dua yaitu ism ta’rif (ma’rifah) dan ism tankir (nakirah). Ma’rifah berarti sesuatu yang dicapai dari padanya...


Advertisement
Post a Comment