.

Definisi Pendekatan

 

Secara etimologi pendekatan adalah derivasi kata dekat, artinya tidak jauh, setelah mendapat awalan pe dan akhiran an maka artinya (a) proses, perbuatan, cara mendekati (b) usaha dalam rangka aktivitas penelitian untuk mengadakan hubungan dengan orang yang diteliti atau metode-metode untuk mencapai pengertian tentang masalah penelitian.
Pendekatan dari sudut terminologi adalah cara pandang atau paradigma yang terdapat dalam suatu bidang ilmu yang selanjutnya digunakan dalam memahami agama. Dari keterangan di atas, dapat kita pahami bahwa pendekatan terhadap objek pengkajian perlu dimasyarakatkan guna mendapatkan keterangan ilmiah seiring dengan tuntunan zaman. Oleh karena itu sangat perlu diketahui dalam makalah ini. Apakah makna pendekatan dan apa urgensinya dalam pengkajian Islam ?
Bertolak dari suatu momentun yang mengatakan bahwa Islam itu ibarat bola yang terapung di atas lautan dan hanya sepersepuluh yang terkena oleh air, maka untuk mendekati islam dengan hanya satu dimensi tidak cukup, melainkan harus melalui multi dimensi, serta manusia dengan segala kekurangannya tidak akan mempu untuk mengetahui seluruh dimensi tersebut.
Karena keluasan itu sehingga pengarang Shafwah al-Tafaasir mengatakan dalam pendahuluan kitabnya bahwa untuk membaca dan mengkaji seluruh kitab-kitab tafsir kita tidak mempunyai umur yang cukup untuk mengkajinya, maka kami hadir ditengah-tengah pembaca untuk menjawab tantangan itu. Ini baru salah satu cabang keilmuan yang terkecil dalam Islam, bagaimana dengan dimensi-dimensi keilmuan yang lain.
Maka dari sini, perlunya mengetahui arti pendekatan, urgensi dan macam-macamnya, karena dengan demikian maka akan mempermudah memilah dan mengkaji Islam dari sudut yang dimaksudkan oleh sekelompok pengkaji, sehingga presepsi pengkajian bisa tertuju pada satu sasaran.
Dari tolakan inilah, penulis menganggap perlu bagi seorang cendekia untuk mengetahui berbagai macam pendekatan dalam mendekati Islam, karena dengan mengetahui pendekatan yang dipakai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam mengkaji Islam maka akan lebih mudah dalam pengkajian yang lebih mendalam.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1989. Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta : PT. Rajawali Grafindo Persada, 2000.
Definisi Pendekatan 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Bertolak dari suatu momentun yang mengatakan bahwa Islam itu ibarat bola yang terapung di atas lautan dan hanya sepersepuluh yang terkena oleh air, maka untuk mendekati islam dengan hanya satu dimensi tidak cukup, Secara etimologi pendekatan adalah derivasi kata dekat, artinya tidak jauh, setelah mendapat awalan pe dan akhiran an maka artinya (a) pros...



Advertisement

No comments:

Post a Comment