.

Pengertian Emas

 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, emas adalah logam mulia berwarna kuning yang dapat ditempa dan dibentuk, biasa dibuat perhiasan seperti cincin, dan kalung. Pengertian yang tidak jauh berbeda dikemukakan W.J.S. Poerwadarminta, emas adalah logam yang mahal harganya, warnanya kuning dan biasa dibuat perhiasan (cincin, gelang dan sebagainya). Dalam Kamus Indonesia Inggris, emas sama dengan gold, dan dalam Kamus Indonesia Arab, disebut zahab.
Emas yang demikian banyaknya diperuntukkan bagi manusia, tapi bersamaan dengan itu ada kelompok manusia yang diharamkan memakainya yaitu kaum pria. Padahal pria pun banyak yang menyukai memakai emas, karena emas mengandung keindahan dan lambang kemewahan.
Dapat dimengerti bila pria dan wanita menyukai memakai emas, sehingga ada sementara orang memakai emas secara berlebihan dan mengundang iri bagi yang melihatnya. Keindahan ini merupakan kodrat dan sifat yang telah melekat pada manusia, dan manusia menyukai wanita, anak, harta dari jenis emas dan perak.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa DEPDIKBUD, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002). W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1976). John Echols dan Hassan Shadily, Kamus Indonesia Inggris: An Indonesian-English Dictionary, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998). Asad M. Alkalali, Kamus Indonesia Arab, Jakarta: Bulan Bintang, 1993).
Pengertian Emas 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dalam Kamus Indonesia Inggris, emas sama dengan gold, dan dalam Kamus Indonesia Arab, disebut zahab. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, emas adalah logam mulia berwarna kuning yang dapat ditempa dan dibentuk, biasa dibuat perhiasan seperti...


Advertisement
Post a Comment