.

Kategori Teori Motivasi dalam Psikologi

 

Teori motif dan motivasi dalam psikologi terdiri dari berbagai macam bentuk dan kategori. Bentuk dan kategori teori motivasi dijabarkan oleh pakar sekaligus penemu jenis teori motivasinya. Kategori teori motivasi tersebut diantaranya:
Teori Motivasi Herzberg
Menurut Herzberg ada dua jenis faktor yang mendorong seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan dan menjauhkan diri dari ketidakpuasan. Dua faktor itu disebutnya faktor higiene (faktor ekstrinsik) dan faktor motivator (faktor intrinsik). Faktor higiene memotivasi seseorang untuk keluar dari ketidakpuasan, termasuk didalamnya adalah hubungan antar manusia, imbalan, kondisi lingkungan, dan sebagainya (faktor ekstrinsik), sedangkan faktor motivator memotivasi seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan, yang termasuk didalamnya adalah achievement, pengakuan, kemajuan tingkat kehidupan, dsb (faktor intrinsik).
Teori Motivasi Vroom
Teori dari Vroom tentang cognitive theory of motivation menjelaskan mengapa seseorang tidak akan melakukan sesuatu yang ia yakini ia tidak dapat melakukannya, sekalipun hasil dari pekerjaan itu sangat dapat ia inginkan. Menurut Vroom, tinggi rendahnya motivasi seseorang ditentukan oleh tiga komponen, yaitu Ekspektasi (harapan) keberhasilan pada suatu tugas, Instrumentalis, yaitu penilaian tentang apa yang akan terjadi jika berhasil dalam melakukan suatu tugas (keberhasilan tugas untuk mendapatkan outcome tertentu), dan Valensi, yaitu respon terhadap outcome seperti perasaan posistif, netral, atau negatif. Motivasi tinggi jika usaha menghasilkan sesuatu yang melebihi harapan, motivasi rendah jika usahanya menghasilkan kurang dari yang diharapkan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Irwanto, Psikologi Umum, (Prenhallindo, Jakarta, 2002).
Kategori Teori Motivasi dalam Psikologi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh motivasi dijabarkan oleh pakar sekaligus penemu jenis teori motivasinya. Kategori teori motivasi tersebut diantaranya Teori motif dan motivasi dalam psikologi terdiri dari berbagai macam bentuk dan kategori. Bentuk dan kategori teori motivasi dijabarkan ol...


Advertisement
Post a Comment