.

Pengertian Perhatian Konselor

 

Perhatian (Inggris: attention) merupakan salah satu dari sekian banyak gejala psikologis pada diri manusia. Dalam perhatian tejadi aktivitas jiwa yang melibatkan otak dan indera. Bimo Walgito berpendapat bahwa, perhatian merupakan pemusatan atau konsentrasi dari seluruh aktivitas individu yang ditujukan kepada sesuatu atau sekumpulan obyek.
Sedangkan Sumadi Suryabrata mengemukakan pengertian perhatian sebagai perhatian dan pemusatan tenaga psikis yang tertuju kepada suatu objek, dan perhatian terhadap sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang dilakukannya.
Disimpulkan bahwa perhatian adalah pemusatan atau konsentrasi jiwa yang diberikan atau ditujukan pada suatu obyek tertentu, dalam rangka menuju pada kebaikan dan perkembangan obyek tertentu.
Adapun konselor adalah pelaksana utama yang mengkoordinasi semua kegiatan yang terkait dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling. Dalam kegiatan bimbingan konseling terdapat hubungan timbal balik antara dua individu, di mana seorang konselor membantu yang lain, supaya dia memperoleh konsep diri dan kepercayaan diri sendiri, untuk dimanfaatkan olehnya dalam memperbaiki tingkah lakunya pada masa yang akan datang.
Menurut Prayitno dan Erman Anti, konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (konselor) kepada individu yang sedang mengalami suatu masalah (disebut konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi.
Dengan demikian, perhatian konselor berarti pemusatan kesadaran jiwa seorang konselor atau guru pembimbing yang diarahkan kepada peserta didik, dalam upaya membantu peserta didik memperoleh konsep diri dan kepercayaan diri sendiri, untuk dimanfaatkan olehnya dalam memperbaiki tingkah lakunya untuk mencapai kesejahteraan hidupnya.
Referensi Makala®h
Kepustakaan:
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: Andi Offset, 1997). Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993). Bimo Walgito, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, (Yogyakarta: Andi Offset, 1995).
Pengertian Perhatian Konselor 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dengan demikian, perhatian konselor berarti pemusatan kesadaran jiwa seorang konselor atau guru pembimbing yang diarahkan Perhatian (Inggris: attention ) merupakan salah satu dari sekian banyak gejala psikologis pada diri manusia. Dalam perhatian tejadi aktivi...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

No comments:

Post a Comment