.

Pengertian Islam Liberal

 

Islam Liberal tersusun dari kata Islam dan Liberal. Kata Islam mengacu kepada agama yang dibawa oleh para Nabi dan Rasul sejak Adam hingga Muhammad saw, dengan misi utamanya membawa manusia agar patuh dan tunduk kepada Tuhan sehingga tercapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Adapun kata liberal berasal dari bahasa Inggris, liberal yang berarti bebas, liberal, tidak berpolitik. Selanjutnya dikalangan para penulis banyak yang menggunakan Islam Liberal dengan beberapa pengertian yang amat beragam. Makna Islam Liberal tampaknya bergeser dari makna sesungguhnya.
Bagi penulis, Islam Liberal bukanlah Islam yang membebaskan kepada penganutnya untuk berbuat sesuka hati menafsirkan ajaran Islam, Islam Liberal hanya memberikan kembali terhadap pemikiran, paham, pendapat, gagasan, pranata yang dihasilkan masa lalu untuk dikontekstualkan dan dirubah sesuai dengan tuntutan zaman.
Islam Liberal bukan seperti paham yang meninggalkan agama dalam mengejar kemajuan sebagaimana terdapat di Barat. Bukan berusaha mensekulerkan umat dengan hanya mengkaji agama dan membungkam persoalan yang lain.
Menurut Kurzman, pencarian otentitas Islam dari sudut pandang (pemikir) Muslim Liberal, melahirkan tiga model utama Islam Liberal. Pertama, pemikiran dan sikap liberal memang secara otentik dilegitimasi oleh syariat Islam, yang oleh Kurzman disebut liberal sharia. Kedua, islam liberal berpandangan bahwa syariat justru tidak memberikan jawaban yang jelas atau problem-problem tertentu. Kurzman menyebut model islam liberal ini dengan silent sharia. Ketiga, bahwa syariat, meski bersifat Ilahiah, namun sesungguhnya bisa tak lepas dari produk penafsiran manusia. Setiap penafsiran manusia atas syariat, tentu hasilnya berbeda satu sama lain. Diakuilah multi interpretation atas syariat.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ulil Abshar Abdalla. Membakar Rumah Tuhan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999). Lukman S. Thahir, Gagasan Islam Liberal Muhammad Iqbal, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2002). Harun Nasution, Ensiklopedi Islam Indonesia, (Jakarta: Percetakan Saptodadi, 1992). Charles Kurzman. Wacana Islam Liberal Pemikiran Islam Kontemporer Tentang Isu-Isu Global, (Jakarta: Paramadina, 2001).
Pengertian Islam Liberal 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Bagi penulis, Islam Liberal bukanlah Islam yang membebaskan kepada penganutnya untuk berbuat sesuka hati Islam Liberal tersusun dari kata Islam dan Liberal . Kata Islam mengacu kepada agama yang dibawa oleh para Nabi dan Rasul sejak Adam hingga...


Advertisement
Post a Comment