.

Biografi Annemarie Schimmel

 

Annemarie Schimmel dilahirkan di Erfurt, sebuah kota kecil di Jerman pada tahun 1922. Seorang yang ahli dalam bidang mistisisme Islam, Schimmel telah menerbitkan 80 buku, mempunyai 5 gelar, dan 26 penghargaan dalam kuliahnya di berbagai Universitas termasuk Harvard, Bonn, London dan Ankara. Ia telah menguasai 10 bahasa termasuk Arab, Farsi, Turki, Urdu, dan Dari.
Schimmel memperoleh gelar Doktornya di Universitas Berlin dan Universitas Marbung. Dia juga menyandang gelar profesor dibidang studi-studi Islam di Universitas Marbung, Universitas Boon. Sejak tahun 1967 ia di Universitas Harvard. Ia menjadi anggota beberapa masyarakat akademis, diantaranya anggota Midote East Studies Association, The Association For The Association. Di samping menjadi penyambung artikel-artikel untuk jurnal-jurnal profesional, dia juga pengarang beberapa buku tasawuf.
Schimmel adalah seorang profesor yang menguasai lebih dari dua puluh bahasa asing dan memiliki photographik memory. Pada bulan Oktober 1945 ia pernah menjadi sasaran kecaman dari sekitar 200 penerbit, toko buku dan kaum terpelajar Jerman yang tergabung dalam kampium kebebasan berekspresi sehubungan dengan pengumuman German Book Traders yang menyatakan terpilih sebagai pemegang hadiah perdamaian. Lembaga ini memilih Schimmel berkat jasanya dalam membantu penciptakan saling pengertian antara orang Barat dan kaum muslim melalui puluhan buku dan ratusan karya tulisnya tentang Islam.
Selama hidupnya mempunyai misi untuk membangun pengertian tentang Islam, memperdebatkan bahwa Islam adalah diantara agama yang paling tidak dimengerti. Schimmel seorang Sarjana Jerman yang dikenal sebagai pendiri jembatan dengan dunia Islam. keahliannya dalam bidang ilmu-ilmu tasawuf terkenal di Barat.
Sebagai pengagum Muhammad Iqbal, Schimmel menterjemahkan Javidnama ke dalam versi Jerman. Pada tahun 1958, untuk pertama kalinya dia berkunjung ke Pakistan, sebuah negara yang menjadi pusat untuk kerjanya, seorang Sarjana wanita yang terkenal namanya pada tahun 1988.
Annemarie Schimmel dikenang oleh banyak orang sebagai petapa Sarjana, yang kegemarannya membaca tulisan Syeh Abdul Latif Bhitai, Rehman Baba, dan karangan sufi lain di Pakistan. Dan tulisan-tulisan Mansur Hallaj, Ghalib, orang-orang Persia dan karangan-karangan lain, Caligrafi dan Epigrafi, Numerologi, Turki, Orientalis Jerman dan terjemahan Ibnu Khaldun dalam Muqoddimah ke dalam bahasa Jerman.
Sebagai seorang pemikir yang cukup produktif, Schimmel telah menghasilkan puluhan karya bahkan ratusan ditulisnya dengan cemerlang dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Karya-karyanya dalam bahasa Inggris antara lain; I am Wind Your Are Fire, The Life and Work Of Rumi, Look I This is Love, Poems Of Rumi ; Mystical Dimensions Of Islam, Islamic Names, An Introduction, Islam ; An Introduction, Ibn Abbad Of Ronda: Letters On The Sufi Path ; My Soul is a Woman, The Feminine in Islam. The Mystery Of Number; And Muhammad is His Messenger, The Veneration of the Prophent in Islamic Prety; Book of Gifts & Rarities.
Diantara karya-karya Schimmel yang saat ini telah banyak dipelajari di Indonesia dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia diantaranya; Dan Muhammad adalah utusan Allah: Penghormatan terhadap Nabi saw dalam Islam, dimensi Mistik dalam Islam, ASPEK Feminin dalam Spiritualisme Islam, Rahasia Wajah Suci Ilahi, dan Akulah Angin Engkaulah api (Kehidupan dan Karya Jalaluddin Rumi).
Annemarie Schimmel meninggal pada 25 Januari 2003, pada usia 80 tahun.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Muhammad Ibn Abbad, Surat-surat Sang Sufi, (Bandung : Mizan, 1993).Annemarie Schimmel, Rahasia Wajah Suci Illahi, (Bandung : Mizan, 1996).
Biografi Annemarie Schimmel 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Schimmel memperoleh gelar Doktornya di Universitas Berlin dan Universitas Marbung. Dia juga menyandang gelar profesor Annemarie Schimmel dilahirkan di Erfurt, sebuah kota kecil di Jerman pada tahun 1922. Seorang yang ahli dalam bidang mistisisme Islam, Schi...


Advertisement
Post a Comment