.

Wujud Kebudayaan

 

Tindakan dan aktivitas manusia sebagai wujud kebudayaan, terangkai dalam suatu perbuatan yang berpola. Sebagai suatu sistem ide dan konsep dari serangkaian kerangka tindakan dan aktivitas manusia apabila dirumuskan akan tampak sebagai berikut:
Ideas
Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, nilai, norma, dan oeraturan. Sifat ini sesuai dengan wujud dasarnya masih merupakan sesuatu yang abstrak dan tidak dapat di gambarkan secara nyata. Sebagian masih berupa kerangka pemikiran dalam otaknya. Sebagian lain dari padanya berupa kerangka perilaku yang ideal, yang memberikan corak dan jiwa serta tatanan kehidupan yang serasi, seimbang dan selaras.
Sistem demikian ini tidak lain berupa tatanan norma ideal, pada beberapa masyarakat disebut sebagai adat istiadat, barsifat umum, dan turun-temurun. Apabila dilanggar, akan meninggalkan suatu rasa yang tidak enak pada benaknya. Kalangan antropolog dan sosiolog menyebutnya sebagai sistem budaya atau culture system.
Activities
Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. Termasuk dalam kategori ini adalah tatanan manusia dalam hidup bersosialisasi dan berkomunikasi, serta bergaul di antara sesamanya. Berbeda dengan system budaya, wujud kebudayaan berpola ini sangat gampang di lihat bahkan dapat didokumentasikan karena ia tampak dalam perilaku.
Artifacts
Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya menusia. Wujud kebudayaan ini lebih konkret lagi dan cenderung tidak memerlukan penjelasan apapun. Benda hasil kerajinan misalnya, dapat dirasa, disentuh dan difoto. Ketiga wujud kebudayaan yang dikemukakan di atas, sesungguhnya bukan hal yang berdiri sendiri. Semuanya merupakan suatu kerangka yang saling mengisi. Kebudayaan ideal memberi bentuk dan mengarahkan, sedangkan kebudayaan aktivitas melaksanakan upayanya, kebudayaan artefak memberikan perwujudan nyata atas usaha.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Al Ries, Pemimpin Ries & Ries dan Jack Tront & Partners Ltd. Positioning: The Battle For Your Mind, (Salemba Emban Patria) Jakarta, 2002). Wiranata I.G. Antropologi Budaya. (Bandung : PT. Citra Aditya Bakti. 2002).
Wujud Kebudayaan 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya menusia. Wujud kebudayaan ini lebih konkret lagi dan cenderung tidak memerlukan penjelasan apapun. Tindakan dan aktivitas manusia sebagai wujud kebudayaan , terangkai dalam suatu perbuatan yang berpola. Sebagai suatu sistem ide dan konsep...


Advertisement
Post a Comment