.

Pengertian Qunut

 

Qunut mempunyai beberapa arti, antara lain berarti tegak, taat berbakti, berdoa sambil berdiri, berlaku ikhlas dan berdiam diri dalam sholat mendengarkan bacaan imam.
Adapun pengertian qunut menurut istilah, adalah beberapa kalimat yang bersifat doa yang dibaca ketika i’tidal (berdiri setelah bangun dari ruku’) sesudah membaca lafadz ”sami ’allahulimanhamidah” pada rakaat terakhir sholat shubuh atau sholat witir yang dilakukan setelah pertengahan bulan Ramadhan.
Pengertian qunut juga dimaknai sebagai sebuah doa yang disisipkan dalam sholat fardhu, sebuah amalan yang didasarkan sunnah Nabi saw.
Adapun kalimat al-Qunut secara etimologi mempunyai beberapa makna di antaranya sebagaimana yang di-nadham-kan oleh al-Hafidh Zainuddin al-Iraqie, sebagai berikut:
"Lafadz Qunut, hitunglah maknanya, kamu akan menemukan lebih dari sepuluh makna yang diakui. Doa khusus. Ibadah dan taat pengakuan ibadah dan pelaksanaannya. Diam, sholat, melaksanakan sholat dalam waktu yang lama, serta konsistensi taat yang menguntungkan bagi yang melaksanakan".
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Proyek Peningkatan Prasaran dan Sarana, (Perguruan Tinggi Agama IAIN, Depag RI, Jakarta, 1993). Cyril Glasse, The Concise Encyclopedia of Islam, terj. Ghufron A & Mas’adi, (Raja Grafindo Persada, 1999). M. Hanif Muslih, Keshahihan Dalil Qunut dari Petunjuk Al-Qur’an dan Al-Sunnah, (Penerbit Santri, 1997).
Pengertian Qunut 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pengertian qunut juga dimaknai sebagai sebuah doa yang seringkali disisipkan dalam sholat fardlu, sebuah amalan yang didasarkan sunnah Nabi saw. Qunut mempunyai beberapa arti, antara lain berarti tegak, taat berbakti, berdoa sambil berdiri, berlaku ikhlas dan berdiam diri dalam shola...


Advertisement
Post a Comment