.

Pengertian Pendidikan Modern

 

Pendidikan modern. Pendidikan sejalan dengan usaha manusia sejak dilahirkan hingga meninggal, dengan sadar membimbing dan menuntun kondisi jiwa khususnya agar dapat menumbuhkan akhlak dan kebiasaan yang baik sejak awal pertumbuhan dan perkembangannya, hingga mencapai masa pubertas, agar terbentuk kepribadian yang sesuai dengan tujuan pendidikan.
Sejalan dengan itu, maka pendidikan mengalami perubahan (inovasi), sebab proses pendidikan yang tidak sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman hanya akan membuat manusia stagnan (jumud). Oleh karena itu, pemahaman atau pandangan orang mengenai hakikat pendidikan itupun berubah-ubah, yang secara sederhana dapat dikategorikan sebagai pandangan pendidikan tradisional dan pendidikan modern.
Ahli pendidikan modern mendefinisikan, sebagaimana dikatakan P.J. Hills, bahwa:
“Education has most scienties two principles roles, that of passing on knowledge from one generation to the next, and that providing people with skill that enable to analyse, diagnose and thus question.
“Pendidikan dalam masyarakat pada umumnya memiliki dua peran pokok yaitu menyampaikan pengetahuan kepada generasi ke generasi berikutnya dan memberikan bekal kepada manusia dengan keahlian yang dapat untuk menganalisa, mendiagnosa, dan juga kemampuan bertanya”.
Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa pendidikan modern adalah cara-cara belajar yang sesuai dengan tuntutan era kekinian, untuk dapat dipersiapkan anak didik pada masanya.
Berkaitan dengan pengertian pendidikan modern, dikaitkan dengan tujuan pendidikan. Pendidikan modern berlaku bagi hidup untuk menumbuhkan, memupuk, mengembangkan, memelihara dan mempertahankan tujuan pendidikan yang telah dicapai.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2000). Tim Penyusun, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995). Masarudin Siregar, Didaktik dan Kedudukan dalam Proses Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Sumbangsih, 1985). John Dewey, Democracy and Education, (New York: Macmillan Publishing Co Inc, 1964). P.J. Hills, A. Dictionary of Education, (London: Ruotledge and Kegan Paul Ltd., 1982).
Pengertian Pendidikan Modern 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa pendidikan modern adalah cara-cara belajar yang sesuai dengan tuntutan era kekinian, untuk dapat dipersiapkan anak didik pada masanya. Pendidikan modern. Pendidikan sejalan dengan usaha manusia sejak dilahirkan hingga meninggal, dengan sadar membimbing dan menuntun kondisi ...


Advertisement
Post a Comment