.

Definisi Kenakalan Remaja

 

Kenakalan remaja biasa disebut delinkuen dengan istilah Juvenile berasal dari bahasa Latin juvenilis, yang artinya anak-anak, anak muda, ciri karakteristik pada masa muda, sifat-sifat khas pada periode remaja, sedangkan delinquent berasal dari bahasa latin “delinquere” yang berarti terabaikan, mengabaikan, yang kemudian diperluas artinya menjadi jahat, nakal, anti sosial, kriminal, pelanggar aturan, membuat ribut, pengacau peneror, dan lain sebagainya.
Juvenile elinquency atau kenakalan remaja adalah perilaku jahat atau kenakalan anak- anak muda, merupakan gejala sakit (patologis) secara sosial pada anak-anak dan remaja yang disebabkan oleh satu bentuk kenakalan remaja yang berefek pengabaian sosial, sehingga mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang. Istilah kenakalan remaja mengacu pada suatu rentang yang luas, dari tingkah laku yang tidak dapat diterima sosial sampai pelanggaran status hingga tindak kriminal.
Mussen dkk, menegaskan definisi kenakalan remaja sebagai perilaku yang melanggar hukum atau kejahatan yang biasanya dilakukan oleh anak remaja yang berusia 16-18 tahun, jika perbuatan ini dilakukan oleh orang dewasa maka akan mendapat sangsi hukum. Hurlock juga menyatakan kenakalan remaja adalah tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh remaja, tindakan tersebut dapat membuat seseorang individu yang melakukannya masuk penjara.
Sedangkan Sarwono mengungkapkan definisi kenakalan remaja sebagai tingkah laku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana, bahwa kenakalan remaja suatu tindakan anak muda yang dapat merusak dan menggangu, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.
Mencermati beberapa pendapat tersebut, penulis menyimpulkan bahwa definisi kenakalan remaja adalah kecenderungan remaja untuk melakukan tindakan yang melanggar aturan yang dapat mengakibatkan kerugian dan kerusakan baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain yang dilakukan remaja di bawah umur 17 tahun.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Mussen, P.H.., Conger, J.J., Kagan, J & Huston, C.A, Perkembangan dan Kepribadian Anak (terjemahan), (EdisiVI; Jakarta: Arcan, 1994). Hurlock, E.B.. Child Development ( New York: Mc. Millan Publishing co.Inc., 1978). Sarwono, S.W.,Psikologi Remaja ( Edisi VI; Jakarta: Raja Grafindo Persada,2002).
Definisi Kenakalan Remaja 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Sedangkan Sarwono mengungkapkan definisi kenakalan remaja sebagai tingkah laku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana, Kenakalan remaja biasa disebut delinkuen dengan istilah Juvenile berasal dari bahasa Latin juvenilis , yang artinya anak-anak, anak muda...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

No comments:

Post a Comment