.

Pengertian Dhamir dalam Bahasa Arab

 

Kata al-Dhamair merupakan bentuk jamak dari dhamir, sebagaimana dikutip oleh Khalid ibn 'Usman al-Sabt dari kitab al-Mu'jam al-Wasit dan kitab Mu'jam al-I'rab wa al-Imla', dikatakan bahwa menurut para ahli nahwu dhamir adalah sesuatu yang menunjuk kepada yang berbicara seperti kata "saya", atau lawan bicara seperti kata "kamu" atau menunjuk orang ketiga seperti kata "dia", atau dengan kata lain dhamir adalah kata yang menggantikan seseorang baik itu orang ketiga (ga'ib), atau orang kedua (mukhatab) dan orang pertama (mutakallim).
Ahmad Warson Munawwir menulis bahwa pengertian dhamir menurut bahasa berarti perasaan, angan-angan atau batin seseorang. "Adhmara al-Amra" berarti menyembunyikan sesuatu, al-Mudhmar berarti yang samar atau tersembunyi.
Hal ini senada di dalam Kamus Kontemporer Arab Indonesia, kata dhamir berarti hati nurani atau suara hati. Sedangkan dalam pengertian ilmu bahasa, kedua kamus ini menyimpulkan bahwa dhamir adalah "kata ganti nama" atau "pronoun".
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ahmad Warson Munawwir, Al-Munawwir Kamus Arab Indonesia (Cet. Ke-14; Surabaya: Penerbit Pustaka Progresif, 1997). Atabik Ali dan Ahmad Zuhdi Muhdlor, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia (Cet. Ke-8; Yogyakarta: Multi Karya Grafika, 1998).
Pengertian Dhamir dalam Bahasa Arab 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh "Adhmara al-Amra" berarti menyembunyikan sesuatu, al-mudhmar berarti yang samar atau tersembunyi. Kata al-Dhamair merupakan bentuk jamak dari dhamir, sebagaimana dikutip oleh Khalid ibn 'Usman al-Sabt dari kitab al-Mu'jam al-Was...


Advertisement

No comments:

Post a Comment