.

Biografi Muhammad saw

 

Muhammad saw, nama lengkapnya adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib. Ibunya bernama Sitti Aminah. Ayahnya meninggal sebelum beliau dilahirkan, sedang ibunya meninggal setelah berumur 6 tahun. Muhammad saw berasal dari keturunan ningrat yang berpengaruh dari Bani Kinanah, induk suku Quraisy. Keluarga beliau dinamakan Banu Hasyim, tokoh terkemuka di Mekah. Suku ini memiliki kegemaran berdagang sampai ke Syiria dan Yaman.
Mengenai tanggal kelahiran Muhammad saw, para sejarawan berbeda pendapat. Ada yang berpendapat bahwa beliau lahir di tahun Gajah, yang menurut perhitungan tahun qamariyah, jatuh pada hari senin, 12 Rabi’ul Awal, bertepatan dengan tanggal 16 Juli 623 M. Menurut pendapat lain, beliau lahir tanggal 12 Rabi’ul Awal, bertepatan dengan tanggal 29 Agustus 570 M. Perbedaan pendapat ini disebabkan oleh dua hal, yaitu:
  1. Pada waktu itu, orang menghitung tanggal berdasarkan terbitnya bulan, sedangkan di sisi lain dihitung berdasarkan tahun matahari. Akibatnya, terjadi perbedaan pendapat, karena penanggalan bulan hanya berjumlah 354 hari setahun.
  2. Madinah dan Mekah masing-masing menggunakan penanggalan qamariah, tetapi penanggalan itu baru terlaksana tat kala ada perintah wahyu. Jadi, penetapan penanggalan Mekah dan Madinah berbeda.
Berdasarkan fakta di atas, kelahiran Muhammad saw, jatuh pada hari senin 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah, atau 20 April 571 M. Dugaan ini didasarkan pada pertimbangan tahun penyerangan Ka’bah oleh pasukan Abrahah. Meski demikian, banyak pula sejarawan yang menulis tahun kelahiran beliau pada tahun 570 M. Yang disepakati sejarawan adalah tahun wafatnya, yaitu tahun 632 M.
Jika kelahiran Muhammad saw dihitung pada tahun 571 M, dan disesuaikan dengan tahun wafatnya 632 M, maka umur beliau kurang lebih 61 tahun. Namun, jumlah umur tersebut tidak ditemukan ada hadis yang meriwayatkannya. Menurut penelitian hadis yang dilakukan oleh Tabi’in, hadis yang menyebutkan tentang usia Nabi Muhammad berjumlah sembilan hadis. Di antara kesembilan hadis itu, dua di antaranya menyebut usia beliau 62 tahun, dua juga menyebut 65 tahun, dan lima hadis lannya yang menyebutkan 63 tahun.
Referensi Makalah®
*Berbagai sumber
Biografi Muhammad saw 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Madinah dan Mekah masing-masing menggunakan penanggalan qamariah, tetapi penanggalan itu baru terlaksana tat kala ada perintah wahyu. Jadi, penetapan penanggalan Mekah dan Madinah berbeda. Berdasarkan fakta di atas, kelahiran Muhammad saw, Muhammad saw, nama lengkapnya adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib. Ibunya bernama Sitti Aminah. Ayahnya meninggal sebelum belia...


Advertisement
Post a Comment