.

Pengertian Murjiah; Pengantar

 

Murjiah berasal dari kata al-Irja’ yang berarti menunda atau mengemudiankan. Aliran ini lebih mengedepankan masalah Teologi daripada pengaplikasian ajaran syari’at. Versi lain mengatakan bahwa Murjiah berasal dari arja’a yang bermakna menangguhkan.
Penamaan tersebut diterima baik oleh penganut mazhab ini. Karena prinsip dasar mereka adalah menangguhkan persoalan-persoalan yang menyebabkan terjadinya perselisihan yang mengakibatkan pertumpahan darah di antara umat Islam. Pendapat lain mengatakan bahwa Murjiah berasal dari arja’a yang berarti memberi harapan kepada umat Islam yang telah berbuat dosa akan magfirah dan ampunan Allah swt.
Dengan demikian, Murjiah adalah golongan yang moderat tidak ekstrim atas pengkafiran sesama umat Islam, bahkan dapat bersikap bijak tidak “merampas“ hak Tuhan dalam mengkafirkan umat Islam yang berbuat dosa.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
al- Syarastani, Al Milal wa al mihal.. Jilid I (Kairo, Mustafa al Babil Hallaby. 1967). Harun Nasution, Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran (Cet V; Bandung : Mizan, 1998).
Pengertian Murjiah; Pengantar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pendapat lain mengatakan bahwa Murjiah berasal dari arja’a yang berarti memberi harapan kepada umat Islam yang telah berbuat dosa akan magfirah dan ampunan Allah swt. Murjiah berasal dari kata al-Irja ’ yang berarti menunda atau mengemudiankan. Aliran ini lebih mengedepankan masalah Teologi daripada penga...


Advertisement
Post a Comment