.

Pengertian Manajemen Kelas Menurut Pakar

 

Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Manajemen adalah suatu kegiatan, pelaksanaannya adalah managing pengelolaan. Sedangkan pelaksananya disebut dengan manajer atau pengelola. Beberapa pakar pendidikan mengungkapkan definisi masing-masing kata untuk pengertian yang lebih mendalam.
Menurut Oemar Hamalik, "kelas adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang mendapatkan pengajaran dari guru". Pengertian ini jelas ditinjau dari segi anak didik karena dalam pengertian tersebut ada frase kelompok orang. Sedangkan menurut Suharsini Arikunto, kelas adalah "sekelompok siswa yang pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama”.
Adapun pengertian manajemen kelas ditinjau dari paham lama, yaitu mempertahankan ketertiban kelas. Sedangkan menurut pengertian baru dikemukakan oleh Made Pidarta bahwa "manajemen kelas adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap problema dan situasi kelas". Dalam hal ini guru bertugas menciptakan, mempertahankan dan memelihara sistem organisasi sehingga siswa dapat memanfaatkan kemampuan, bakat dan energinya pada tugas-tugas individual.
Hadadio Nawawi dengan mengatakan:
Manajemen kelas diartikan sebagai kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efesien untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yang berkaitan dengan kurikulum dan perkembangan siswa.
Secara umum manajemen kelas dimanfaatkan untuk menciptakan kondisi dalam kelompok kelas yang berupa lingkungan kelas yang baik, yang dapat memungkinkan siswa berbuat sesuai dengan kemampuannya. Penerapan manajemen kelas produknya dinamis sesuai dengan tujuan-tujuan yang hendak dicapai.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Jhon M. Echols dan Hasan Shadili, Kamus Inggris Indonesia (Cet. XXIV; Jakarta: PT. Gramedia, 2000). George.R.Terry dan Leslie W.Rue, Dasar-dasar Manajemen (Cet. X; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005). Syaiful bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002). Sudirman. N dkk, Ilmu Pendidikan (Cet. IV; Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 1992). Cece Wijaya, dan Tabrani Rusyan, Kemampuan Guru dalam Proses Belajar Mengajar (Cet. III; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994).
Pengertian Manajemen Kelas Menurut Pakar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pendapat tersebut memberi pemahaman bahwa pada dasarnya kelas merupakan tempat berkumpulnya beberapa orang dalam melangsungkan proses belajar mengajar. Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujua...


Advertisement

1 comment:

  1. Kira2 perbedaannya dengan pengaturan kelas, dan pengorganisasian kelas apa yah?. Karena yang menjadi masalah adalah definisi dari kelas itu sendiri. Terkadang didefinisikan dengan batasan ruang, namun terkadang juga hanya pada kelompok belajar. Sekelompok orang yang belajar dalam satu waktu disebut kelas... Gmn tuh??

    ReplyDelete