.

Istilah Filologi di Dunia Arab

 

Semua bangsa dan bahasa di dunia yang meninggalkan peradaban yang tinggi, mempunyai perhatian yang besar terhadap filologi karena dengan pendekatan tersebut, tergalilah kembali ukiran-ukiran sejarah, budaya dan bahasa suatu bangsa.
“Dunia Arab”, tak lepas dari studi tentang ini sehingga dalam bahasa arab, filologi dinamakan ilmu Tahqiq al-Nushsus (علم تحقيق النصوص) yaitu untuk mengetahui hakikat suatu tulisan atau nash.
Oleh karena itu, sebagian para ahli filologi yang mengadakan tahqiq pada suatu teks, tidak menyebut dirinya sebagai Muhaqqiq (orang yang mentahkik), mereka cenderung memakai kata صححه yang berarti telah diperiksa atau dikoreksi.
Terdapat pula istilah lain seperti قرأه yang berarti telah dibaca, قارنه yang berarti telah diperbandingkan dengan naskah asliny, atau اعتنىبه artinya dipelihara dan dijernihkan olehnya. Sekarang ini istilah yang paling populer dan umum dipakai dalam kalangan para ahli tahkik adalah kata حقه atauفلان تحقيق yang berati diteliti oleh si fulan.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Nabilah Lubis, Naskah Teks dan Metode Penelitian Filologi (Jakarta: Forum kajian Bahasa dan sastra Arab, 1996).
Istilah Filologi di Dunia Arab 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Terdapat pula istilah lain seperti قرأه yang berarti telah dibaca, قارنه yang berarti telah diperbandingkan dengan naskah asliny, atau اعتنىبه artinya dipelihara dan dijernihkan olehnya. Semua bangsa dan bahasa di dunia yang meninggalkan peradaban yang tinggi, mempunyai perhatian yang besar terhadap filologi karena dengan p...


Advertisement
Post a Comment