.

Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar

 

Sebagai bahan tambahan dalam referensi makalah anda, terutama untuk bahasan pendidikan, berikut ini akan dirumuskan beberapa dasar interaksi belajar mengajar. Dasar-dasar interaksi belajar yang dimaksud, yaitu hal-hal mendasar yang mesti diperhatikan dan menjadi pertimbangan, dalam rangka melakukan interaksi dalam pembelajaran
Interaksi bersifat edukatif
Suatu interaksi dikatakan memiliki sifat edukatif bukan semata ditentukan oleh bentuknya melainkan oleh tujuan interaksi itu sendiri. “Interaksi dikatakan sebagai interaksi edukatif apabila secara sadar mempunyai tujuan untuk mendidik, untuk mengantarkan anak didik kearah kedewasaannya”.
Interaksi menghasilkan perubahan tingkah laku
Dalam interaksi harus ada perubahan tingkah laku dari siswa sebagai hasil belajar, dimana siswa sebagai subjek belajar. Siswalah yang terutama menentukan berhasil tidaknya kegiatan belajar mengajar dalam interaksi
Peran guru dalam proses interaksi belajar mengajar
Peranan dan kedudukan guru yang tepat dalam proses interaksi belajar mengajar, akan menjamin tercapainya tujuan interaksi belajar mengajar. Adapun peranan guru dalam interaksi belajar mengajar antara lain: sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisatoris, dan sebagai sumber.
Interaksi sebagai proses belajar mengajar
Pengajaran berintikan interaksi antara guru dengan siswa dalam proses belajar mengajar, proses belajar mengajar merupakan dua hal yang berbeda tetapi membentuk satu kesatuan, dua hal yang menyatukannya adalah interaksi tersebut. Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa, sedang mengajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru. Kegiatan yang dilakukan oleh guru sangat mempengaruhi kegiatan belajar siswa.
R. Ibrahim mengemukakan bahwa Dalam interaksi belajar mengajar terjadi proses pengaruh mempengaruhi bukan hanya guru yang mempengaruhi siswa tetapi siswa juga dapat mempengaruhi guru. Pengaruh mempengaruhi tersebut tergantung pada strategi ataupun metode serta pendekatan yang digunakan dalam proses belajar mengajar seperti apabila guru mengajar dengan menggunakan strategi atau pendekatan exposition peranan lebih aktif dimainkan oleh guru sedang siswa peranannya lebih pasif. Interaksi dalam hal ini hanya terjadi antara guru dan siswa, sedangkan proses belajar mengajar yang mengaktifkan siswa seperti belajar inkuiri, pemecahan masalah, dan lain-lain, siswa berperan lebih aktif. Sehingga dalam hal ini siswa sebagai subjek yang berinteraksi bukan hanya dengan guru tetapi dengan manusia-manusia sumber yang lain.
Interaksi belajar membutuhkan sarana
Di dalam interaksi belajar mengajar, harus mempertimbangkan alat, sarana dan media yang akan digunakan. Alat adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini alat utama yang dipakai dalam interaksi belajar mengajar memegang peranan penting . Media apa yang digunakan dalam interaksi belajar mengajar tersebut, untuk menciptakan situasi kondisi interaksi belajar mengajar yang tepat kita harus melihat media apa yang ada dan dapat digunakan serta tepat dalam menunjang tercapainya tujuan secara efektif dan efisien
Bila semua dasar-dasar interaksi belajar mengajar tersebut telah diperhitungkan dalam mendasari pengajaran, maka diharapkan kegiatan dalam interaksi belajar mengajar dapat berhasil.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Sardiman A.M. , Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cet. IX; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001). Roestiyah N.K, Masalah Pengajaran (Sebagai Suatu Sistem) (Cet. III; Jakarta: PT Rineka Cipta. 1994). R. Ibrahim, Nana Syaodi S, Perencanaan Pengajaran, (Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1996). Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, (Cet I;Jakarta: RinekaCipta, 2000).
Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dalam interaksi belajar mengajar terjadi proses pengaruh mempengaruhi bukan hanya guru yang mempengaruhi siswa tetapi siswa juga dapat mempengaruhi guru. Sebagai bahan tambahan dalam referensi makalah anda, terutama untuk bahasan pendidikan, berikut ini akan dirumuskan beberapa dasar interaks...


Advertisement

1 comment:

  1. Bisa tidak dibantu perbedaan interaksi belajar mengajar dengan interaksi pendidikan???

    ReplyDelete