.

Biografi Dawam Rahardjo

 

Dawam Rahardjo lahir di Solo pada tanggal 20 April 1942. Pendidikannya dilalui secara rangkap, yakni pendidikan Diniyah (agama) dan pendidikan umum.
Di sekolah formal tempat Dawam Rahardjo belajar, diakuinya pernah diberikan pelajaran bahasa Arab termasuk Nahr, Sharf, Balaghah dan tajwid secara terpisah dan pelajaran ilmu tafsir Al-Quran. Menurutnya, guru yang dianggap berjazah dalam hal pemahaman terhadap Al-Quran selain ayahnya, adalah Ahmad Rifai Hasan.
Selanjutnya, Dawam Rahardjo mendapat pendidikan Sarjana Lengkap pada Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Tahun 1969. Kemudian diangkat sebagai Guru Besar Ekonomi Pembangunan pada Universitas Muhammadiyah Malang, tahun 1993.
Dia pernah menjabat Rekotor Universitas Islam 45 Bekasi (UNISMA). Di samping sebagai rektor, Dawam Rahardjo mempunyai banyak aktifitas, diantaranya adalah ; sebagai salah satu Ketua Ikatakan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), sejak tahun 1995 sampai sekarang; Ketua yayasan Lembaga Studi Agama dan Filsafat (LSAF), tahun 1987; juga sebagai pemimpin Rekasi Jurnal Ulumul Quran, tahun 1989.
Di samping aktivitasnya seperti yang disebutkan di atas, Dawam Rahardjo juga banyak menulis buku dan karangan di sekitar persoalan Ekonomi dan keislaman. Di antaranya adalah Esei-esi Ekonomi dan Politik (Jakarta: LP3ES, 1983); Transformasi Pertanian, Industrialisasi dan Kesempatan Kerja (Jakarta: UI, Press, 1985); Perekonomian Indonesia: Pertumbuhan dan Krisis (Jakarta: LP3ES, 1986); Perspektif Deklarasai Makkah: Menuju Ekonomi Islam (bandung: Mizan, 1993); Etika Bisnis dan Manajemen, Kapitalisme Dulu dan Sekarang, ed., (Jakarta: LP3ES, 1986); Intelektual, Intelegensia dan Perilaku Politik Bangsa (Bandung: Mizan, 1992).
Dawam Rahardjo juga banyak menulis karangan tentang Al-Quran Di antaranya adalah Bumi Manusia dalam Al-Quran, dalam Insan Kamil; Konsepsi Manusia Menurut Islam (Jakarta: Pustaka Grafiti, 1985). Termasuk Ensiklopedi Al-Qur’an ini adalah karangannya bidang Al-Quran.
Dalam sirah hidup Dawam Rahardjo, ia dikenal sebagai peneliti sosial dan juga ahli komunikasi serta dikenal sebagai seorang ensiklopedis, karena banyak menguasai bidang-bidang sosial keagamaan. Di antara salah satu penguasaanya adalah dalam bidang penafsiran kontemporer atas Al-Quran. Karena itu, ia memiliki kapabilitas untuk menulis semacam Ensiklopedi Al-Quran.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Dawam Rahardjo, Ensiklopedi Al-Qur’an; Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci (Cet. I; Jakarta: Paramadina, 1996).
Biografi Dawam Rahardjo 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Di samping aktivitasnya seperti yang disebutkan di atas, Dawam Rahardjo juga banyak menulis buku dan karangan di sekitar persoalan Ekonomi dan keislaman. Di antaranya adalah Esei-esi Ekonomi dan Politik (Jakarta: LP3ES, 1983); Dawam Rahardjo lahir di Solo pada tanggal 20 April 1942. Pendidikannya dilalui secara rangkap, yakni pendidikan Diniyah (agama) dan pendidi...


Advertisement
Post a Comment