.

Pendekatan Lingkungan dalam Pembelajaran

 

Pendekatan lingkungan biasa disebut alam takambang, merupakan merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha untuk; meningkatkan keterlibatan peserta didik melalui pendayagunaan lingkungan sebagai sumber belajar. Pendekatan ini berasumsi bahwa kegiatan pembelajaran akan menarik perhatian peserta didk jika apa yang dipelajari berhubungan dengan kehidupan dan berfaidah bagi lingkungannya.
Belajar dengan pendekatan lingkkungan berarti peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dengan cara mengamati sendiri apa-apa yang ada dilingkkungan sekitarnya, baik lingkungan rumah tangga maupun di lingkungan sekolah. Dalam konteks ini, peserta didik dapat menanyakan sesuatu yang ingin diketahui kepada orang lain di lingkungan mereka yang dianggap lebih tahu tentang masalah yang dihadapi.
Pembelajaran berdasarkan pendekatan lingkungan dapat dilakukan dengan cara:
  1. Membawa peserta didik ke lingkungan untuk kepentingan pembelajaran. Hal ini bisa dilakukan dengan metode karyawisata, metode pembelajaran tugas, dan lain-lain
  2. Membawa sumber-sumber dari lingkungan ke sekolah (kelas) untuk kepentingan pembelajaran, bisa juga sumber tiruan, seperti model dan gambar.
Guru sebagai pemandu pembelajaran harus memilih lingkungan dan menentukan cara-cara yang tepat untuk mendayagunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan tema dan lingkungan yang akan didayagunakan hendaknya didiskusikan dengan peserta didik.
Referensi Makalah®
*Berbagai Sumber
Pendekatan Lingkungan dalam Pembelajaran 4.5 5 Mushlihin, al-Hafizh Guru sebagai pemandu pembelajaran harus memilih lingkungan dan menentukan cara-cara yang tepat untuk mendayagunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Pendekatan lingkungan biasa disebut alam takambang , merupakan merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha untuk; meningkatkan ke...


Advertisement

No comments:

Post a Comment