.

Pengertian Populasi dalam Penelitian

 

Dalam Kamus Bahasa Indonesia populasi dapat berarti sekelompok orang, benda atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel; sekumpulan yang menjadi syarat tertentu yang berkaitan dengan masalah penelitian.
Anderson Scarvia B mengemukakan: A population is a set (or collection) of all elements possessing one or more atributes of interest. Menurut Sujana, populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, baik hasil menghitung maupun pengukuran, kuantitatif maupun kualitatif, dari karakteristik tertentu mengenai sekumpulan obyek yang lengkap dan jelas. Pengertian lain mengatakan bahwa populasi adalah sekelompok subyek, baik manusia, gejala, nilai test, benda-benda ataupun peristiwa. Selanjutnya ia juga mengemukakan bahwa populasi adalah individu untuk siapa kenyataan-kenyataan yang diperoleh dari sampel itu hendak digeneralisasikan.
Populasi adalah keseluruhan obyek penelitian yang dapat terdiri dari manusia, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, gejala-gejala, nilai test atau peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu di dalam suatu penelitian. Dari pengertian tersebut populasi cenderung pada penentuan jumlah sumber data yang memiliki karakteristik yang dapat dibedakan kepada dua macam yaitu, populasi terbatas atau populasi terhingga dan populasi tak terbatas atau populasi tak terhingga. Di samping itu, jika populasi berdasarkan sifatnya, maka dapat dibedakan antara pupolasi homogen dan heterogen.
Berkaitan dengan hal tersebut, persoalan sampel akan timbul bilamana populasi bersifat heterogen dan jumlahnya cukup besar. Populasi yang secara kuantitatif jumlahnya cukup besar, sering tidak mungkin dijangkau seluruhnya, tidak saja karena biayanya akan sangat besar dan waktunya akan lama, tetapi juga hasilnya belum tentu obyektif. Keadaan seperti itu, terutama mengharuskan dari sejumlah populasi ditetapkan sejumlah sampel yang menjadi sumber data  sesungguhnya.
Makalah tentang Populasi dan Sampel, dapat anda download gratis di sini
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988. Anderson Scarvia B et al., Encyclopedia Educational Evaluation, London: Jossey Bass Publishers, 1976. Herman Wasito, Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992. Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yokyakarta: Rake Sarasin, 1998
Pengertian Populasi dalam Penelitian 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Dari beberapa pengertian di atas, dapat dipahami bahwa populasi adalah keseluruhan obyek penelitian yang dapat terdiri dari manusia, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, gejala-gejala, nilai test atau peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu di dalam suatu penelitian. Dalam Kamus Bahasa Indonesia populasi dapat berarti sekelompok orang, benda atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel; sekumpulan yan...


Advertisement

No comments:

Post a Comment