.

Contoh Latar Belakang atau Rumusan Masalah Sederhana

 

Contoh Latar Belakang, baca : cara membuat rumusan dan latar belakang masalah.
Judul: Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Mutu dan Penguasaan.....Materi Pelajaran ....
Pembangunan Nasional di bidang pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pendidikan, merupakan upaya sungguh-sungguh dan terus-menerus dilakukan untuk mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya. Sumber daya yang berkualitas akan menentukan mutu kehidupan pribadi, masyarakat, dan bangsa dalam rangka mengantisipasi, mengatasi persoalan-persoalan, dan tantangan-tantangan yang terjadi dalam masyarakat pada kini dan masa depan.
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan Nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, dan peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang memadai.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia tidak pernah berhenti. Berbagai terobosan baru terus dilakukan oleh pemerintah melalui Depdiknas. Upaya itu antara lain dalam pengelolaan sekolah, peningkatan sumber daya tenaga pendidikan, pengembangan/penulisan materi ajar, serta pengembangan paradigma baru dengan metodologi pengajaran.
Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif.
Apa yang menjadikan belajar aktif? Agar belajar menjadi aktif siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar akif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud)
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Dengan menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini, peneliti mengambil judul …….
Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka peneliti merumuskan permasalahannya sebagai berikut:
  1. Bagaimana peningkatan ….
  2. Bagaimana pengaruh …(dalam contoh ini, rumusan masalah masih memiliki beberapa varian)
……………...
Perhatikan, warna biru adalah bentuk gambaran umum sebelum masuk ke inti masalah yang akan diteliti, warna merah adalah deskripsi "tengah" untuk menyambungkan deskripsi umum ke deskripsi yang lebih khusus, dan warna selanjutnya merupakan deskripsi khusus sebelum masuk ke rumusan masalah.
Pada dasarnya semua tulisan maupun hanya sekedar ulasan, memiliki latar belakang. Namun, terkadang dibuat dengan simpel. Satu hal yang penting, bahwa apa yang diungkapakan dalam latar belakang masalah, secara sistematis dikuti oleh isi dan akhir tulisan atau ulasan.

Referensi Makalah®
Contoh Latar Belakang atau Rumusan Masalah Sederhana 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Kesulitan dalam membuat rumusan masalah, akan penulis gambarkan dalam bentuk contoh rumusan masalah dengan pokok bahsan berwarna. Contoh Latar Belakang, baca : cara membuat rumusan dan latar belakang masalah . Judul: Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Model Pengaj...



Advertisement

25 comments:

  1. Thx banget sob, ane mau bikin makalah nih :) dan jangan lupa beri komentar di blog ane ya

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak.... membantu banget nih.. ^^

    ReplyDelete
  3. maksih banget nih... dah membantu banget..

    ReplyDelete
  4. oh jadi latar belakang yang baik itu harus induktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk juga... silahkan baca, cara membuat latar belakang masalah... linknya ada di atas pragraph pertama tulisan ini :)

      Delete
  5. Kalo ini cara penelitiannya gimana ya?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bolehkah Latar belakang memakai referensi?., sangat dianjurkan :)

      Delete
  7. kalo rumusan masalah tentang surat pembaca gimna tuh??

    ReplyDelete
  8. Makasih ats infonya

    ReplyDelete
  9. mau tanya, yang warna biru muda termasuk deskripsi khusus? Atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deskripsi khusus yang Anda maksud yg mana? warna biru muda menunjukan uraian latar belakang yang mulai menjurus ke masalah yang akan diteliti/ diuraikan dalam karya ilmiah :)

      Delete