.

Pengertian Desain Grafis

 

Desain grafis adalah sebuah proses komunikasi visual dan penyelesaian masalah lewat penggunaan tipografi, fotografi, dan ilustrasi. Bidang ini disebut sebagai bagian dari komunikasi visual dan desain komunikasi. Tapi seringkali penggunaan "desain grafis" memiliki arti yang sama dengan hal tersebut.
Desainer grafis membuat dan menggabungkan simbol, gambar, dan teks untuk membentuk representasi ide dan pesan secara visual. Mereka menggunakan teknik tipografi, seni visual, dan tata letak halaman untuk menciptakan komposisi visual.

Grafis desain biasanya banyak digunakan desain korporasi (untuk membuat logo dan branding), desain editorial (majalah, koran, dan buku), desain lingkungan, periklanan, desain website, desain komunikasi, kemasan produk, dan beragam rambu atau penanda.
Istilah desain grafis pertama kali digunakan oleh William Addison Dwiggins di tahun 1922. Namun, awal mula mula penggunaan desain grafis bisa ditemukan bahkan hingga awal mula peradaban manusia dimulai.

Berbeda dengan periklanan yang tujuan utamanya adalah menjual barang dan jasa, desain grafis memiliki esensi untuk menyampaikan informasi, membentuk ide, ekspresi, dan perasaan pada artefak yang mendokumentasikan pengalaman manusia.

Desain grafis bisa dipasang atau diaplikasikan pada segala hal visual. Mulai dari rambu lalu lintas hingga hal yang teknis seperti memorandum antar-kantor sampai referensi manual.
Desain bisa membantu menjual ide atau produk. Ia bisa diaplikasikan pada produk dan disertai dengan elemen identitas perusahaan seperti logo, warna, kemasan, dan teks tulisan sebagai bagian dari branding.

Branding kini semakin banyak digunakan dan menjadi penting dalam cakupan jasa atau servis desainer grafis. Bahkan desainer grafis seringkali menjadi bagian dari tim branding.

Metode presentasi karya desain grafis (misalnya tata letak, gaya, hingga medianya) sangatlah penting bagi desain. Perlengkapan presentasi dan pengembangan bisa mengubah bagaimana audiens melihat sebuah project.

Gambar atau layout diproduksi menggunakan media dan panduan tradisional, atau peralatan editing gambar digital di komputer. Peralatan dalam grafis komputer sering kali menggunakan istilah dan nama desain tradisional seperti "gunting" atau "pena".

Di pertengahan tahun 1980-an, komputer mulai hadir di tengah banyak orang dengan salah satu kemampuannya adalah meng-edit dan memanipulasi gambar. Komputer memungkinkan desainer untuk secara langsung melihat efek perubahan dari layout atau tipografi.
Cara membuat desain grafis dengan peralatan komputer terus berkembang.

Ada banyak software pendukung untuk membuat desain grafis. Perlunya penggunaan komputer dengan spesifikasi tinggi membuat sering kali desain grafis diperuntukkan profesional, dan juga korporasi.

Sementara dengan berkembangnya media sosial, kini keperluan akan desain grafis masyarkat mulai terus meningkat. Mereka membuat desain grafis untuk media sosialnya sendiri, untuk website, blog, hingga keperluan lainnya.

Tidak heran jika kini semakin banyak orang yang perlu untuk bisa menggunakan desain grafis. Kebanyakan dari mereka menggunakan aplikasi sederhana untuk membuat karya desain grafis. Salah satunya adalah menggunakan peralatan desain grafis berbasis web seperti Canva. Sehingga pengguna lebih mudah membuat desain, tanpa harus membeli komputer dengan spesifikasi tinggi dan software yang mahal

Pekerja desain untuk project online diperkirakan akan meningkat hingga 35% di tahun 2026. Sementara pekerja di media tradisional seperti koran dan desain buku, diperkirakan akan semakin menurun di tahun yang sama. Bahkan, para desainer grafis diharapkan akan dengan sering mempelajari teknik, program, dan metode baru untuk membuat desain grafis.

Referensi:

1. Graphic Designers : Occupational Outlook Handbook: : U.S. Bureau of Labor Statistics. www.bls.gov. Archived from the original on 2017-10-27. Retrieved 2017-10-27.
-2. Jacci Howard Bear, desktoppub.about.com Archived 2013-12-06 at the Wayback Machine. Retrieved 2008-03-19
3. Graphic Designers: Occupational Outlook Handbook: U.S. Bureau of Labor Statistics. www.bls.gov. Retrieved 2018-06-29.

Pengertian Desain Grafis 4.5 5 MUSHLIHIN MURSALIN Desain grafis adalah sebuah proses komunikasi visual dan penyelesaian masalah lewat penggunaan tipografi, fotografi, dan ilustrasi. Bidang i...


Advertisement
Post a Comment