.

Riwayat Hidup Singkat Gita Wirjawan

 

Gita Wirjawan, putera dari Wirjawan Djojosugito, dan ibu Paula Warokka Wirjawan. Mantan Menteri Perdagangan RI 2011-2014. Pria kelahiran Jakarta, 21 September 1965. Alumni Kennedy School of Government, Harvard University untuk strata satu dan strata dua, dan lulus tahun 2000.
Gita, pernah bekerja sebagai bankir di Citibank, dan bank yang didirikan oleh Marcus Goldman, Goldman Sachs Singapura, sampai tahun 2004. Masih di Singapura, dia bekerja di ST Telekomunikasi, selama kurun satu tahun. Sampai kemudian beralih bekerja di JP Morgan Indonesia, sebagai direktur utama hingga 2008.
Dari pengalaman kerja tersebut, keinginannya untuk memiliki usaha sendiri mulai tumbuh. Bukan tanpa alasan, hal itu berdasarkan dari analisanya sebagai seorang ilmuwan. Dia menilai akan ada resesi ekonomi di Amerika Serikat yang akan menggoncangkan dunia termasuk Indonesia.
Keinginan itu mulai dirintis setelah keluar dari JP Morgan tahun 2008. Dengan mendirikan perusahaan investasi bernama Ancora Capital yang bergerak di bidang sumber daya dan pertambangan. Dalam hitungan bulan, perusahaan ini mengambil alih sebagian saham PT Apexindo Pratama Duta Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Multi Nitrat Kimia, perusahaan properti di Jakarta, dan sebuah perusahaan properti di Bali. (baca: kinerja keuangan bank)
Selain sebagai pengusaha, Gita juga aktif di dunia olahraga dan musik. Sebagai pecinta olahraga Golf yang merupakan warisan ayahnya, dibuktikan dengan pengalamannya menjuarai beberapa turnamen regional, akhirnya Gita mendirikan Ancora Golf, sebuah sekolah golf super lengkap, dengan instruktur dari Singapura. Siswa dari sekolah Golf besutan Gita mendapat biaya hidup yang seluruhnya ditanggung Gita, termasuk uang saku Rp 4 juta per bulan. Itulah yang dipersiapkan mewakili Indonesia dalam kompetisi internasional.
Adapun mengenai hoby musiknya, Gita merupakan alumni sekolah musik Berkeley, Amerika Serikat. Ia suka mengorbitkan Bali Lounge, pembetot bas Hari Toledo, dan Nial Djuliarso. Gita juga pernah beberapa kali tampil di atas pentas menunjukkan kebolehannya mengolah nada. (baca: apa itu seni musik)
Berasama isterinya Yasmin Stamboel yang dinikahi 17 April 1993. Dari pernikahan ini melahirkan Gian Putra Wirjawan, Gibran, dan Gia Putri Wirjawan, yang kesemuanya juga mencintai olahraga Golf.
Sumber: www.ayogitabisa.com
Berikut karir Gita Wirjawan; Tahun 2001-2004 sebagai Goldman Sachs. Tahun 2005-2006 sebagai ST Telekomunikasi, Singapura. Tahun 2006-2008 sebagai Presdir JP Morgan Indonesia. Tahun 2008 mendirikan Ancora Capital, Ancora Golf, Omega Pacific Production, Ancora Foundation, sekaligus Komisaris Pertamina. Tahun 2009-2011 sebagai Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM). Tahun 2011-2014 sebagai Menteri Perdagangan.
Adapun organisasi yang pernah dimasukinya; Tahun 2009-2014 sebagai Kepala BKPM. Tahun 2012-2016 sebagai Ketua Umum PB PBSI.
Referensi Makalah®
*Berbagai Sumber
Riwayat Hidup Singkat Gita Wirjawan 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Riwayat Hidup Singkat Gita Wirjawan. Biografi Gita Wirjawan. Sejarah hidup singkat Gita Wirjawan. Gita Wirjawan, putera dari Wirjawan Djojosugito, dan ibu Paula Warokka Wirjawan. Mantan Menteri Per...



No comments:

Post a Comment