.

Biografi Daniel Goleman

 

Daniel Goleman lahir di Stockton California, Dr. Goleman masuk di Universitas Amherst, dimana ia menjadi sarjana Alfred P. Sloan, dan ia lulus dengan predikat cum laude. Pendidikan S2 dan S3-nya diperoleh di Hardvard, dimana ia menjadi seorang anggota “Ford”, dan ia mendapat gelar MA dan Ph.D untuk mengembangkan klinik psikologi dan personaliti. Sekarang, Daniel Goleman tinggal di Berkshires Massachusetts bersama istrinya Tara Bennet Goleman, seorang ahli psikoterapi. Ia mempunyai dua anak yang sudah dewasa.
Daniel Goleman sering mengajar kelompok-kelompok peserta bisnis, kaum profesional dan juga mengajar di kampus-kampus universitas, seorang psikolog, yang telah menulis banyak pengetahuan mengenai kecerdasan dan prilaku di majalah “New York Times” selama bertahun-tahun, Dr. Goleman dulunya adalah salah seorang anggota pengunjung fakultas di Hardvard, dan ia seorang wartawan di surat kabar “New York Times”
Karya Daniel Goleman meliput ilmu-ilmu prilaku dan otak pada The New York Times dan artikel-artikelnya dimuat di seluruh dunia dalam sindikasi surat kabar ini. Ia pernah mengajar di Hardvard (tempat ia meraih gelar Ph.D-nya) dan pernah menjadi editor senior di Psychology Today. Buku-bukunya telah diterbitkan adalah Vital Lies, Simple Truth; The Meditative Mind; Emotional Intelligence, Working With Emotional Intelligence; dan menjadi penulis pendamping buku The Creative Spirit, dan buku terbarunya adalah Primal Leadership-Realizing The Power of Emotional Intelligence menelaah masalah peran penting kecerdasan emosi dalam kepemimpinan.
Karya-karyanya termasuk menjadi salah satu penjualan terlaris dalam satu daftar “New York Times” selama 1,5 tahun dengan lebih dari 5 juta cetakan eksemplar di seluruh dunia. Buku-buku tersebut telah menduduki peringkat penjualan terlaris hampir seluruh benua Eropa, Asia dan Amerika Latin, dan telah diterjemahkan kedalam kurang lebih 30 bahasa.
Daniel Goleman termasuk salah seorang pendiri pembelajaran Collaborative untuk kampus. Pembelajaran Sosial dan Emosi di Universitas Yale Pusat Studi Anak (sekarang di Universitas Illionis Chicago); dengan misi untuk membantu sekolah-sekolah memperkenalkan pelajaran-pelajaran literasi emosi. Satu kelebihan dari dampak pembelajaran Collaborative adalah bahwasannya ribuan sekolah di seluruh dunia telah mulai mengaplikasikan program-program tersebut.
Goleman adalah mantan ketua suatu perkumpulan penelitian mengenai kecerdasan emosi dalam organisasi-organisasi, yang sesuai dengan sekolah sekolah lulusan psikologi penerapan dan profesional di Universitas Rutgers yang merekomendasikan praktek-praktek terbaik dalam mengembangkan kompetensi emosi. Pada tahun 2003 ia menerbitkan Destructive Emotins (emosi-emosi yang merusak), yaitu sejumlah dialog ilmiah antara Dalai Lama dan Kelompok Psikolog, ahli saraf dan para filosof. Ia adalah salah seorang anggota dewan komisaris Institut “Mind and Life” yang mensponsori serial yang sedang berlangsung dalam dialog-dialog tersebut dan membantu penelitian yang relevan.
Daniel Goleman telah menerima banyak penghargaan jurnalistik untuk karya karya tulisan, termasuk 2 nominasi penghargaan “Pulitzer” untuk artikel artikelnya di majalah “Times” dan sebuah penghargaan “Career Achievement” (prestasi karir) untuk jurnalistik dari Asosiasi Psikologi Amerika. Dalam pengenalan terhadap usaha-usahanya untuk mengkomunikasikan ilmu-ilmu pengetahuan sikap kepada publik, ia telah terpilih menjadi seorang anggota persekutuan Amerika untuk ilmu pengetahuan yang tinggi.
Referensi Makalah®
Biografi Daniel Goleman 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Daniel Goleman telah menerima banyak penghargaan jurnalistik untuk karya karya tulisan, termasuk 2 nominasi penghargaan “Pulitzer” Daniel Goleman lahir di Stockton California, Dr. Goleman masuk di Universitas Amherst, dimana ia menjadi sarjana Alfred P. Sloan, dan ia l...


Advertisement
Post a Comment