.

Tujuan Mata Pelajaran Biologi

 

Biologi berasal dari dua suku kata, bios yang berarti hidup, dan logos yang berarti ilmu. Biologi adalah ilmu yang mempelajari mahluk hidup.
Mata pelajaran biologi berfungsi untuk menanamkan kesadaran terhadap keindahan dan keteraturan alam sehingga peserta didik dapat meningkatkan keyakinannya terhadap keagungan pencipta, sebagai warga negara yang menguasai ilmu sains dan teknologi untuk meningkatkan mutu kehidupan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Mata pelajaran biologi bertujuan untuk :
  1. Memahami konsep-konsep biologi yang saling keterkaitannya.
  2. Mengembangkan keterampilan proses biologi untuk menumbuhkan nilai serta sikap ilmiah.
  3. Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia.
  4. Mengembangkan kepekaan nalar untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan proses kehidupan dalam sehari-hari.
  5. Meningkatkan kesadaran akan kelestarian lingkungan.
  6. Memberikan bekal pengetahuan dasar untuk melanjutkan pendidikan. Komponen mata pelajaran biologi
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Musahair, Panduan Pengajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Biologi, (Jakarta: Irfandi Putra, 2003). Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999).
Tujuan Mata Pelajaran Biologi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Mata pelajaran biologi berfungsi untuk menanamkan kesadaran terhadap keindahan dan keteraturan alam sehingga peserta Biologi berasal dari dua suku kata, bios yang berarti hidup, dan logos yang berarti ilmu. Biologi adalah ilmu yang mempelajari mahluk hid...


Advertisement
Post a Comment