.

Sumber Ajaran Sivaisme

 

Pada dasarnya ajaran sumber ajaran Sivaisme berasal dari Veda, namun secara umum hanya dinyatakan bahwa sumber ajaran Siva terdapat dalam dua puluh delapan kitab Siva-agama.
Walaupun Siva-agama dianggap kitab suci yang paling penting, namun sebagai penganut Siva menganggap Veda sebagai dasar ajaran atau sumber dari semua sumber. Hal ini karena Veda sebagai kitab yang paling tua berisi pula ajaran Siva. Setidak-tidaknya semua dewa-dewa yang menjadi ista-dewata tercantum di dalam Veda-Veda itu.
Kitab suci Hindu dibagi-bagi masa peranannya. Menurut kepercayaan Siva, kitab suci Hindu menurut masanya terbagi sebagai berikut:
  1. Kitab Veda Sruti, yaitu Reg Weda, Sama Weda, Yayur Weda, kitab ini lengkap dengan kitab Aranyaka dan kitab Brahmana.
  2. Kitab Veda Smrti, terdiri atas kitab-kitab Wedangga dan Upaveda, terutama kitab Dharma Kastra.
  3. Kitab Purana terdiri atas berbagai jenis kitab Purana termasuk pula Itihasa.
  4. Kitab agama, yaitu kitab yang khusus dipakai oleh aliran Siva dan Tantra.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Pratedja, Sejarah Filsafat Timur (Jakarta: Pro Monus Cipto, 1971). A.G. Honiq, Ilmu Agama (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997). Robert. C. Zaehner, Kebijaksanaan dari Timur (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992).
Sumber Ajaran Sivaisme 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Pada dasarnya ajaran sumber ajaran Sivaisme berasal dari Veda, namun secara umum hanya dinyatakan bahwa sumber ajaran Siva Pada dasarnya ajaran sumber ajaran Sivaisme berasal dari Veda, namun secara umum hanya dinyatakan bahwa sumber ajaran Siva terdapat dalam d...


Advertisement
Post a Comment