.

Ringkasan Peradaban Barat

 

Peradaban Barat sebenarnya lahir dari hubungan Barat dengan peradaban Islam melalui perguruan-perguruan Arab di Andalusia dan wilayah Islam lainnya. Pada waktu itu filsafat Yunani termasuk filsafat yang sangat diperhatikan oleh pemikir dan filsuf Islam. Mahasiswa Barat yang cemerlang menukil filsafat Yunani dari bangsa dan lewat buku-bukunya. Mereka tekun mempelajarinya meskipun pada mulanya mereka selalu diburu oleh gereja.
Peradaban barat dari sisi pemikiran kemudian terbuka dan mulailah tampak baginya kenyatan kenyataan yang bertentangan dengan ilmu dan pengetahuan yang diserukan gereja. Pertentangan antara gereja dan ilmu berlangsung cukup lama sampai persoalan itu berakhir dengan kemenangan ilmu setelah terlebih dulu para ilmuwan dan filsuf mengalami penyiksaan, pemenjaraan, pengkafiran. Kebangkitan Barat modern pun tegak di atas kedua kakinya dan tercetak oleh dua stempel, yakni stempel filsafat Yunani yang cenderung pada material paganis dan stempel permusuhan terhadap agama dan kedengkian terhadap para tokoh serta kepada para pemimpinnya.
Pada sekitar abad 15-16 di Eropa telah terjadi perubahan zaman, yang dasyat di bidang kebudayaan, sejarah, dan politik, yang disebut sebagai renaissance (kelahiran kembali). pada masa itu kaum seniman, politk, intelektual secara bersama mengadakan gerakan pembaharuan yang mendasarkan pada pemikiran bebas dengan menentang arus, mengubah doktrin segera yang dinilai makin membelenggu kebebasan berfikir. Mereka tidak menerima otoritas para pengurus gereja yang menerapkan pembatasan pembatas atas nama tuhan.
Pada abad ke 18 dan 19. Selain itu juga tumbuh semua mazhab filsafat dan moral yang menguasai akal orang-orang Barat hingga sekarang ini. Asas yang dipijak oleh peradaban Barat adalah asas material yang jauh dari rohaniah agama dan jauh pengaruhnya dalam jiwa individu dan masyarakat. Agama sedikit demi sedikit kehilangan otoritasnya dari orang-orang Barat sampai mereka menemukan dirinya dalam tempat yang curam sekali dan amat meresahkan. Hal inilah yang membuat para pemikir dan cendekiawaan Barat sekarang ingin mencari rohaniah agama yang telah jauh meninggalkan mereka.
Renaissance lahir setelah bangsa Barat menyaksikan kehancuran imperium Romawi Timur oleh orang orang Islam, runtuhnya kostantinopel, penaklukan kerajaan Turki atas Romawi Timur atau Byzantium pada tahun 1953, sehingga menyadarkan bangsa Eropa untuk bangkit kembali meraih kejayaan.
Peradaban Barat adalah kelanjutan dari perabadan Mediteranian Kuno para pendiri peradaban Mediteranian adalah orang-orang Turki juga, Persia bangsa Sumerian, Scythian, Phoenician dan Hyksos. Zaman Turanian dalam sejarah sebelum zaman kuno bagi pra penduduk terdahulu Asia Barat.
Referensi Makalah
Kepustakaan:
Samuel, Benturan Antar Peradaban Dan Masa Depan Politik Dunia, Terj. Sadat Ismail, (Qalam; Jakarta, 2001). Todiruan Dydo, Islam Fundamentalis Dan Kegusaran Masyarakat Barat Percaturan Politik dan Ideologi Internasioanl, (Golden Terayon Press; Jakarta, 1993).
Ringkasan Peradaban Barat 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Peradaban Barat sebenarnya lahir dari hubungan Barat dengan peradaban Islam melalui perguruan-perguruan Arab di Andalusia Peradaban Barat sebenarnya lahir dari hubungan Barat dengan peradaban Islam melalui perguruan-perguruan Arab di Andalusia dan wilayah Islam...



Advertisement

No comments:

Post a Comment