.

Pengertian Sikap dalam Psikologi

 

Sikap adalah hal penting dalam psikologi. Sikap merupakan kesiapan untuk bereaksi terhadap obyek di lingkungan tertentu sebagai suatu penghayatan terhadap obyek tersebut. Manifestasi sikap tidak dapat langsung dilihat, akan tetapi harus ditafsirkan terlebih dahulu sebagai tingkah laku yang masih tertutup dan dalam penggunaan praktis, sikap sering dihadapkan pada rangsang sosial dan reaksi yang bersifat emosional.
Sikap dalam kamus bahasa Inggris, disebut attitude. Sikap adalah keadaan mental dan saraf dari kesiapan yang diatur melalui pengalaman, yang memberikan pengaruh dinamik atau terarah terhadap respons individu pada semua objek dan situasi yang berkaitan dengannya.
Dalam “The Penguin Dictionary of Psychology” dijelaskan bahwa attitude is some internal affective orientation that would explain the actions of a person. Bahwa sikap adalah beberapa orientasi kecenderungan internal, yang menjelaskan tentang perbuatan manusia. Pandangan itu mengisyaratkan bahwa sikap bukan merupakan suatu tindakan melainkan merupakan kecenderungan perilaku.
Berdasarkan beberapa pengertian sikap tersebut, dipahami bahwa sikap adalah kecenderungan bertindak terhadap rangsangan yang datang dari lingkungan sosial seorang subyek. Kecenderungan itu dapat bersifat positif yang berupa perilaku menerima obyek maupun negatif yang berupa perilaku menolak obyek.
Sikap terhadap obyek, gagasan atau orang tertentu merupakan orientasi yang bersifat menetap dengan komponen-komponen kognitif afektif. Perilaku komponen kognitif terdiri dari kognisi yang dimiliki seseorang mengenai obyek sikap tertentu, fakta, pengetahuan dan keyakinan tentang objek. Komponen efektif terdiri dari seluruh perasaan atau emosi seseorang terhadap obyek, terutama penilaian. Komponen perilaku terdiri dari kesiapan seseorang untuk bereaksi atau kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Mar’at, Sikap Manusia, Perubahan Serta Pengukurannya, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1984). S. Wojowasito dan Tito Wasito, Kamus Lengkap, (Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris), (Bandung: Hasta, 1980). David O. Sears, et.al., Alih Bahasa Michael Adryanto dan Savitri Soekrisno, Psikologi Sosial, (Jakarta: Erlangga, 1999). Arthur S. Reber & Emily Reber, The Penguin Dictionary of Psychology, (England: Clays Ltd., 2001).
Pengertian Sikap dalam Psikologi 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Sikap adalah hal penting dalam psikologi. Sikap merupakan kesiapan untuk bereaksi terhadap obyek di lingkungan tertentu sebagai suatu penghayatan terhadap obyek tersebut. Sikap adalah hal penting dalam psikologi. Sikap merupakan kesiapan untuk bereaksi terhadap obyek di lingkungan tertentu sebagai suatu pengh...


Advertisement
Post a Comment