.

Pengertian dan Elemen Kualitas menurut Pakar

 

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali orang membicarakan masalah kualitas, misalnya mengenai kualitas sebagian besar produk luar negeri yang lebih baik dari pada produk dalam negeri. Apa sesungguhnya pengertian kualitas itu? pertanyaan ini sangat banyak jawabannya, karena maknanya akan sangat berlainan bagi setiap orang yang tergantung pada konteksnya.
Kualitas memiliki banyak kriteria yang berubah secara terus menerus. Orang yang berbeda akan menilai dengan kriteria yang berlainan pula. Meskipun tidak ada definisi mengenai kualitas yang diterima secara universal, terdapat beberapa elemen-elemen sebagai berikut:
  1. Kualitas meliputi usaha memenuhi atau melebihi harapan
  2. Kualitas mencakup produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan
  3. Kualitas merupakan kondisi yang selalu berubah
Dengan berdasarkan elemen-elemen tersebut, Goestch dan Davis dalam Musman, membuat pengertian mengenai kualitas yang lebih luas cakupannya. Pengertian kualitas adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Sedangkan menurut Gaspersz V, kualitas adalah memenuhi atau sama dengan persyaratannya. Pengertian kualitas menurut kamus ilmiah populer lengkap, kualitas adalah mutu baik, buruknya barang.
Juran mendefinisikan kualitas sebagai cocok atau sesuai untuk digunakan. Menurut Juran ada tiga langkah dasar untuk mencapai kualitas, antara lain mencapai perbaikan terstruktur atas dasar kesinambungan yang dikombinasikan dengan dedikasi dan keadaan yang mendesak, mengadakan program pelatihan secara luas, membentuk komitmen.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Musman, Antara Kuantitas dan Kualitas, (Semarang: Proyek Penerangan dan Bimbingan dan Dakwah, 1992). Gaspersz Vincent, Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003).
Pengertian dan Elemen Kualitas menurut Pakar 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Apa sesungguhnya pengertian kualitas itu? pertanyaan ini sangat banyak jawabannya, karena maknanya akan sangat berlainan bagi Dalam kehidupan sehari-hari seringkali orang membicarakan masalah kualitas, misalnya mengenai kualitas sebagian besar produk luar negeri ya...


Advertisement
Post a Comment