.

Konversi Tahun (Tahwil al-Sanah)

 

Konversi tahun dalam istilah Arab, yaitu Tahwil al-Sanah. Kata Tahwil berarti perpindahan. Sedangkan al-Sanah berarti tahun. Dengan demikian, yang dimaksud di sini mengenai Tahwil al-Sanah ialah perpindahan dari satu sistim tahun tertentu ke sistim tahun lainnya. Misalnya perpindahan dari sistim tahun Hijriyah ke Masehi atau sebaliknya, yakni dari Masehi ke Hijriyah.
Terdapat berbagai macam model dalam melakukan konversi tahun antara tahun Hijriyah ke tahun Masehi atau sebaliknya. Dalam referensi ini, penulis akan menyebutkan dua macam konversi, yakni konversi sistim klasik dan sistim kontemporer.
Pertama, konversi sistim klasik. Sebagaimana konversi tahun Masehi ke tahun Hijriyah yang terdapat dalam rangkuman kitab Syawariq al-Anwar. Konversi dari tahun Masehi ke tahun Hijriyah dan sebaliknya, dalam kitab Irsyad al-murid. Dalam kitab ini dijelaskan konversi dengan memperhatikan apakah tahun yang dikonversi sebelum atau sesudah 15 Oktober 1582 M (tahun perubahan dari kalender Julian ke Kalender Gregorius) dan apakah sebelum memasuki tahun Hijriyah ataukah sesudahnya.
Kedua: Konversi sistem kontemporer ini, penulis mengartikan sebagai konversi yang biasa digunakan dalam sistem hisab awal bulan Kamariyah kontemporer, seperti Newcomb, Ephemeris, Almanak Nautika, Jean Meeus. Konversi ini diperlukan karena data yang disajikan menggunakan penanggalan Masehi. Di sini penulis menyajikan contoh konversi dari Masehi ke Hijriyah.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Azhar Lathif, Rekap Ilmu Falak (Kitab Syawariq al-Anwar, Syams al-Hilal, dan Nur al-Anwar), (Kudus: Madrasah TBS, 2008). Ahmad Ghazali, Irsyad al-Murid, (Madura: PP. al-Nuriyah, 2009). Muhyiddin Khazin, Ilmu Falak dalam Teori dan Praktik, (Yogyakarta: Buana Pustaka, 2004).
Konversi Tahun (Tahwil al-Sanah) 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Konversi tahun dalam istilah Arab, yaitu Tahwil al-Sanah. Kata Tahwil berarti perpindahan. Sedangkan al-Sanah berarti tahun. Dengan demikian, Konversi tahun dalam istilah Arab, yaitu Tahwil al-Sanah . Kata Tahwil berarti perpindahan. Sedangkan al-Sanah berarti tahun. Dengan demiki...


Advertisement
Post a Comment