.

Definisi Lengkap Bahasa

 

Definisi bahasa menurut Alex Sobur, bahasa adalah alat bagi seseorang untuk mengemukakan gagasan, idealisme, dan keinginan-keinginan kepada orang lain. Bahasa adalah suatu sistem simbol lisan yang arbitrer yang dipakai oleh anggota masyarakat bahasa untuk berkomunikasi dan berinteraksi antar sesamanya, berlandaskan pada budaya yang mereka miliki bersama.
Lebih lanjut, bahasa adalah sistem simbol bunyi bermakna dan berartikulasi dihasilkan oleh alat ucap yang bersifat arbiter dan konvensional yang dipakai sebagai alat komunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan fikiran.
Bahasa sebagai rangkaian bunyi dalam hal ini kita mempergunakan bunyi sebagai alat untuk berkomunikasi, komunikasi dengan mempergunakan bunyi ini juga disebut komunikasi verbal dan manusia yang bermasyarakat dengan alat komunikasi bunyi disebut masyarakat verbal. Bahasa merupakan lambang dimana rangkaian bunyi ini membentuk suatu arti tertentu. Rangkaian bunyi yang kita kenal sebagai kata melambangkan suatu obyek tertentu.
Manusia mengumpulkan lambang-lambang ini dan menyusun perbendaharaan kata yang merupakan akumulasi pengalaman dan pemikiran mereka. Inilah yang menyebabkan bahasa terus berkembang yakni karena disebabkan pengalaman dan pemikiran manusia yang juga berkembang. Adanya lambang-lambang itu memungkinkan manusia dapat berpikir dan belajar dengan lebih baik. Jadi dengan bahasa bukan saja manusia dapat berpikir dengan teratur namun juga dapat mengkomunikasikan apa yang sedang dia pikirkan kepada orang lain, dengan bahasa juga kita dapat mengekspresikan sikap dan perasaan kita.
Menurut Ronald Wardhaugh, mengungkapkan beragam definisi bahasa, yaitu:
  1. Bahasa adalah sebuah sistem dari symbol vocal arbitrer yang digunakan untuk komunikasi manusia.
  2. Bahasa terdiri dari 2 sistem yaitu sistem bunyi dan sistem makna, hanya bunyi tertentu yang digunakan oleh pembicara dari beberapa bahasa dan hanya gabungan tertentu dari suara atau bunyi ini yang mungkin.
  3. Bahasa sebagai arbitrary atau sekehendak hati, ini berarti bahwa kita tidak dapat memperkirakan dengan tepat tanda-tanda khusus. Kita dapat menemukan dalam sebuah bahasa kalau kita tidak paham dengan bahasa itu atau dengan sebuah hubungan bahasa.
  4. Bahasa sebagai vokal, dalam pengertiannya kembali kepada kenyataan bahwa perantara pokok dari bahasa adalah suara dan itu adalah suara untuk semua bahasa, bukan soal seberapa baik perkembangan sistem penulisan bahasa.
  5. Bahasa sebagai simbol, dalam pengertiannya kembali kepada kenyataan bahwa tidak ada hubungan atau dalam beberapa hal hanya sedikit hubungan di antara suara yang orang-orang gunakan dan objek dimana suara ini kembali
  6. Bahasa sebagai milik manusia, kata “milik manusia” dalam pengertiannya kembali pada kenyataan bahwa macam-macam sistem yang menarik minat kita adalah dimiliki oleh manusia dan sangat berbeda dari sistem komunikasi yang merupakan bentuk lain dari milik kehidupan.
  7. Bahasa sebagai komunikasi. Bahasa digunakan untuk komunikasi, dengan bahasa seseorang bisa mengatakan sesuatu kepada orang lain dan mengekspresikan kebutuhan komunikasi mereka.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Soejono Dardjowidjojo, Psikolinguistik; Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia, (Jakarta: Pustaka Obor, 2001). Alex Sobur, Semiotika Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003). Onong Uchjana Effendy, Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikasi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1991). Ronald Wardhaugh, Introduction to Linguistics, (United State of America: Mc. Graw Hill Book Company, 1972).
Definisi Lengkap Bahasa 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Definisi bahasa menurut Alex Sobur, bahasa adalah alat bagi seseorang untuk mengemukakan gagasan, idealisme, dan keinginan-keinginan kepada orang lain. Bahasa adalah suatu sistem simbol lisan Definisi bahasa menurut Alex Sobur, bahasa adalah alat bagi seseorang untuk mengemukakan gagasan, idealisme, dan keinginan-keinginan kepada...


Advertisement
Post a Comment