Skip to main content

Komponen yang Mempengaruhi Pembelajaran menurut Pakar

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: June 16, 2013

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi (hubungan timbal balik) antara pendidik dengan peserta didik. Terdapat beberapa pendapat mengenai komponen-komponen yang mempengaruhi pembelajaran menurut pakar, diantaranya adalah.
Oemar Hamalik: Pembelajaran adalah suatu kombinasi dari komponen pembelajaran yang tersusun meliputi unsur manusiawi, yakni peserta didik, pendidik dan tenaga lainnya; material, meliputi buku, papan tulis dan kapur, fotografi, slide dan film, dll; fasilitas dan perlengkapan, terdiri dari ruangan kelas, perlengkapan audio visual dan komputer; dan prosedur, meliputi jadwal, metode, praktek, belajar, ujian.
Sardiman AM: Ada beberapa komponen dalam interaksi belajar mengajar, yakni 1) pendidik; 2) peserta didik; 3) metode; 4) alat atau teknologi; 5) sarana; 6) tujuan.
Jasa Ungguh Muliawan: Komponen pembelajaran, yaitu: 1) anak didik; 2) materi pendidikan; 3) tujuan pendidikan; 4) pendidik atau pendidik; 5) komponen lain, yakni metode, alat, lingkungan manusia dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Abdul Rachman Saleh: Proses pembelajaran senantiasa dipengaruhi oleh beberapa komponen, yaitu 1) kompetensi dasar; 2) materi atau bahan ajar; 3) sumber belajar; 4) media dan fasilitas belajar; 5) peserta didik yang belajar; 6) pendidik yang mengelola pembelajaran.
Dari semua pendapat para pakar mengenai komponen pembelajarna, penulis simpulkan bahwa dalam setiap proses pembelajaran akan ditemukan adanya 1) unsur manusiawi, yaitu peserta didik dan pendidik; 2) unsur material yaitu bahan ajar; 3) unsur fasilitas dan perlengkapan, meliputi alat, media; 4) unsur prosedur, meliputi tujuan, metode, evaluasi.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1999). Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Press, 2001). Jasa Ungguh Muliawan, Pendidikan Islam Integratif: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005). Abdul Rachman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004). Jalaluddin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar