.

Strategi Radio Kumunitas dalam Komunitasnya

 

Radio komunitas menempatkan pendengarnya sebagai subyek dan peserta yang telibat. Untuk dapat menarik simpati dan keterlibatan komunitasnya. Guna melancarkan pesan yang disampaikan kepada pendengar, para personil yang berkecimpung memerlukan modal pengetahuan dan pengalaman yang memadai tentang penyiaran.
Seluruh personil yang menggeluti dunia siaran ini harus memiliki pengetahuan yang memadai sehubungan dengan tugas mereka. Pengetahuan dan pengalaman tersebut merupakan modal yang utama dalam menentukan operasional yang akan ditempuh guna memikat khalayak pendengar.
Faktor yang paling penting dan menentukan keberhasilan suatu stasiun penyiaran radio dan televisi adalah program atau acara. Oleh karena itu, dalam upaya pencapaian target pendengar memerlukan programming atau penata acara. Penataan itu sendiri merupakan sebuah proses mengatur program termasuk penjadwalannya sehingga terbentuk station format dengan tujuan menciptakan image stasiun penyiaran radio.
Setiap program siaran harus mengacu pada pilihan format siaran tertentu seiring semakin banyaknya stasiun penyiaran. Strategi program ditinjau dari aspek manajemen strategis, program siaran terdiri dari perencanaan program, produksi dan pembelian program, eksekusi program, pengawasan dan evaluasi program
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Triartanto, Broadcasting Radio Panduan Teori dan Praktek, (Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2010). Harley Prayuda, Radio Suatu Pengantar Untuk Wacana Dan Praktek Penyiaran, (Malang: Bayumedia, 2005).
Strategi Radio Kumunitas dalam Komunitasnya 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Guna melancarkan pesan yang disampaikan kepada pendengar, para personil yang berkecimpung memerlukan modal pengetahuan dan pengalaman yang memadai tentang penyiaran. Radio komunitas menempatkan pendengarnya sebagai subyek dan peserta yang telibat. Untuk dapat menarik simpati dan keterlibatan komunitasnya...


Advertisement
Post a Comment