.

Metode Crossword Puzzle dalam Pembelajaran

 

Metode Crossword Puzzle, merupakan susunan tes peninjauan kembali dalam bentuk teka-teki silang yang dapat mengundang minat dan partisipasi peserta didik. Teka-teki silang ini bisa diisi secara perorangan atau kelompok.
Crossword puzzle atau biasa disebit teka-teki silang adalah salah satu metode pembelajaran aktif bagi peserta didik yang melibatkan semua peserta didik untuk berfikir saat pembelajaran berlangsung dengan mengisi teka-teki silang (Crossword puzzle) sehingga peserta didik menjadi lebih antusias dalam mengikuti pelajaran.
Crossword puzzle yang dimaksudkan bahwa selain ada unsur permainannya juga ada unsur pendidikannya, dimana dengan mengisi teka-teki silang tersebut secara tidak sadar peserta didik belajar, sehingga diharapkan selain kesenangan juga didapatkan pengetahuan dan pemahaman materi pelajaran.
Teka-teki silang yang digunakan akan memberikan nilai yang positif bagi peserta didik. Hal ini disebabkan karena dengan menjawab dan mengerjakan bersama, peserta didik akan selalu berlomba untuk dapat menemukan jawabannya dengan benar sehingga akan muncul persaingan sehat. Rasa kebersamaan yang tinggi akan tumbuh, karena bagi peserta didik yang menemukan jawaban akan dapat menjawab teka-teki silang tersebut dan peserta didik lain dalam kelompoknya juga akan mengetahui jawaban yang benar.
Faktor ketelitian dan ketepatan yang tinggi dalam penerapan metode Crossword puzzle ini juga menjadi sangat menentukan. Karena huruf-huruf dalam jawaban dapat mempengaruhi jawaban yang lain baik dalam baris atau kolom.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Silberman, Active Learnig 101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung: Nusamedia, 2006).
Metode Crossword Puzzle dalam Pembelajaran 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Crossword puzzle yang dimaksudkan bahwa selain ada unsur permainannya juga ada unsur pendidikannya, Metode Crossword Puzzle, merupakan susunan tes peninjauan kembali dalam bentuk teka-teki silang yang dapat mengundang minat dan partisipasi...



Advertisement

No comments:

Post a Comment