Skip to main content

Haid menurut Bahasa dan Syariat

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: May 06, 2013

Referensi tentang haid kali ini berbeda dengan pengertian menstruasi dalam referensi sebelumnya yang lebih dekat dalam pembahasan kesehatan. Haid secara bahasa adalah mengalirnya sesuatu. Dalam Munjid fi al-Lugah. kata haid tanpa menjelaskan asal usul dan padanannya, berasal dari kata ḥaḍa-ḥaiḍan yang diartikan dengan keluarnya darah dalam waktu dan jenis tertentu.
Berbeda dengan pernyataan di atas, menurut al-Lihyani dan Ibnu Sukait dalam Lisan al-Arab, kata ḥaḍa dan ḥasya mempunyai arti yang sama yaitu mengalir dan menempel. Sedangkan menurut Abu Sa’id kata ḥaḍa mempunyai arti yang sama dengan jaḍa.
Secara syariat, pengertian haid adalah darah yang keluar dari rahim perempuan dalam keadaan sehat dan tidak karena melahirkan atau sakit pada waktu tertentu. Dalam al-Quran lafad haid disebutkan empat kali dalam dua ayat.
Masalah haid juga diceritakan dalam hadis Nabi yang diriwayatkan olah Bukhari, Aisyah berkata, kami keluar bersama Nabi untuk melaksanakan haji. Ketika kami sampai di Sarif, aku mengalami haid. Lalu Nabi menghampiriku, dan saat itu aku hanya menangis. Nabi kemudian bertanya, “apa yang membuatmu menangis?” aku menjawab: ‟sepertinya aku tidak bisa berhaji tahun ini,” rasulullah bersabda, “apakah engkau sedang haid?” aku menjawab, “ya” rasulullah bersabda Itu adalah sesuatu yang telah Allah tetapkan untuk anak perempuan adam.
Biasanya perempuan pertama kali haid ketika berumur dua belas sampai lima belas tahun. Terkadang ada juga perempuan yang sudah mengalami haid sebelum atau setelah umur tersebut. Keadaan ini tergantung kondisi fisik dan psikisnya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Louis Ma’luf, Al-Munjid fi Al-Lughah, (Beirut: Dar al Masyriq, 1987). Abu al Fadl Jamaluddin Muhammad bin Makram, Lisan al-Arab, (Beirut: Dar Shard, t.th). Wahbah al Zuhaili, Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, (Beirut: Dar al-Fikr, 2008).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar