.

Fungsi Utama Perpustakaan Sekolah

 

Dalam referensi terdahulu mengenai pengertian perpustakaan, diuraikan beberapa pendapat ahli mengenai perpustakaan secara umum. Berikut ini, akan diutarakan fungsi utama perpustakaan sekolah
Pertama: Penyimpanan
Perpustakaan bertugas menyimpan koleksi (informasi) yang diterimanya. Tampak pada perpustakaan nasional yang ada pada setiap negara. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa tidak semua bahan pustaka (koleksi yang mengandung informasi) dapat terjangkau (dimiliki atau dibeli) oleh masyarakat atau orang yang membutuhkannya, bahkan oleh pemerintah untuk mengatasi keterbatasan pembelian koleksi, yaitu dengan membuat (mengeluarkan) peraturan yang disebut Undang-Undang Deposit.
Kedua: Pendidikan
Pendidikan perpustakaan merupakan tempat belajar seumur hidup. Sebagai tempat belajar, perpustakaan sangat berarti bagi mereka yang sudah bekeja atau telah meninggalkan bangku sekolah dan mereka yang putus sekolah. Perpustakaan selalu dikaitkan dengan buku, sedangkan buku selalu dihubungkan dengan kegiatan belajar. Jika kegiatan belajar meliputi belajar di dalam dan di luar sekolah perpustakaan berkaitan dengan kedua hal itu.
Ketiga: Penelitian
Perpustakaan berfungsi menyediakan berbagai macam koleksi (informasi) untuk keperluan penelitian yang dilakukan oleh pemakai. Kegiatan penelitan itu dilakukan oleh para pemakai perpustakaan, mulai dari murid sekolah dasar hingga penelitian pemenang hadiah nobel. Cakupan pada setiap penelitian dapat berbeda, meski pun topiknya sama, yaki bertanggung pada tujuannya.
Keempat: Informasi
Perpustakaan menyediakan informasi bagi pemakai yang disesuaikan dengan jenis perpustakaan. Informasi juga disediakan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemakai. Jawaban-jawaban itu, antara lain disediakan melalui bahan referensi atau rujukan. Apabila perpustakaan dipandang sebagai sumber informasi.
Kelima: Rekreasi kultural
Perpustakaan berfungsi menyimpan khazanah budaya dari masyarakat sekitar perpustakaan melalui penyediaan bahan bacaan. Fungsi kultural dilakukan dengan cara mengadakan berbagai kegiatan, misalnya pameran, ceramah, pertunjukan kesenian, dan penyediaan bahan bacaan yang dapat menghibur bagi pemakai.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Sulistiyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, (Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud, 1993). Qalyubi Syihabuddin dkk, Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, (UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. 2007).
Fungsi Utama Perpustakaan Sekolah 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh mengenai perpustakaan secara umum. Berikut ini, akan diutarakan fungsi utama perpustakaan sekolah Dalam referensi terdahulu mengenai pengertian perpustakaan , diuraikan beberapa pendapat ahli mengenai perpustakaan secara umum. Berikut in...


Advertisement
Post a Comment