.

Pengertian Asbab al-Wurud dalam Ilmu Hadis

 

Kata asbab adalah bentuk jamak dari sabab, sedangkan wurud berasal dari warada-yaridu-wurudan, artinya datang. Jadi Asbab al-Wurud hadis artinya adalah ilmu yang menerangkan sebab-sebab datangnya hadis. Istilah tersebut biasa dipakai dalam diskursus ilmu hadis, maka asbabul wurud biasa diartikan sebagai sebab-sebab atau latar belakang munculnya suatu hadis.
Menurut as-Suyuthi, secara terminologi asbab al-wurud diartikan sebagai sesuatu yang menjadi thariq (metode) untuk menentukan maksud suatu hadis yang bersifat umum atau khusus, mutlak atau muqayyad dan untuk menentukan ada tidaknya naskh (pembatalan) dalam suatu hadis.
Menurut definisi muhadisin asbab al-wurud, adalah suatu ilmu yang dengannya dapat di ketahui sebab-sebab nabi menurunkan sabdanya dan masa-masanya nabi menuturkannya.
Ilmu asbab al-wurud tidak kalah pentingnya dengan ilmu-ilmu yang lain, karena dengan mengetahui sebab-sebab, latar belakang dan sejarah dikeluarkan hadis, akan dapat menolong kita dalam memahami dan menafsirkan hadis dan dengan mengetahui ilmu ini akan bisa mengetahui mana hadis nasikh dan mansukh dan lain sebagainya, sebagaimana ilmu asbabul nuzul menolong kita dalam memahami dan menafsirkan al-Quran.
Memahami hadis nabi saw, ialah dengan memperhatikan sebab-sebab khusus yang melatarbelakangi diucapkannya suatu hadis, atau kaitannya dengan suatu illat (alasan, sebab) tertentu, yang dinyatakan dalam hadis tersebut atau disimpulkan darinya, ataupun dapat dipahami dari kejadian yang menyertainya.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Abu Daud, Syarh Sunan Abu Daud, (al-Nasyr.Maktabah Salafiyah, t.th). Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, (Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Pentafsir al-Qur’an, Jakarta, 1973). Hady Mufa’at Ahmad, Dirasah Islamiyah, (Sarana Aspirasi, Semarang, 1994).
Pengertian Asbab al-Wurud dalam Ilmu Hadis 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Jadi Asbab al-Wurud hadis artinya adalah ilmu yang menerangkan sebab-sebab datangnya hadis. Kata asbab adalah bentuk jamak dari sabab , sedangkan wurud berasal dari warada-yaridu-wurudan , artinya datang. Jadi Asbab al-Wurud hadi...

Gunakan Browser Super Kencang Gratis, Klik di Sini


Advertisement

1 comment:

  1. saiia jadi nambah nii kang.. setelah asbabun nuzul.. terimakasih atas artikelnya kang :)

    ReplyDelete