.

Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran

 

Pemilihan suatu media pembelajaran merupakan perluasan keterampilan berkomunikasi yang memerlukan suatu proses. Memilih media untuk tujuan pembelajaran bukan merupakan suatu pekejaan yang mudah karena harus memperhatikan berbagai hal berkaitan dengan kelayakan dari media tersebut, serta sesuai atau tidaknya media tersebut digunakan dalam proses pembelajaran.
Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran. Dalam pemilihan media, kriteria yang paling penting adalah adanya norma atau patokan yang perlu diperhatikan, harus ada maksud dan tujuan pemilihan media pembel ajaran, dan harus memperhati kan kesesuaiannya dan keterbatasan yang ada.
Menurut Mukhtar, langkah-langkah dalam memilih desain media pembelajaran yang akan digunakan adalah sebagai berikut:
  1. Menetapkan apakah pesan yang akan disampaikan itu merupakan tujuan pembelajaran atau hanya sekedar informasi atau hiburan.
  2. Menetapkan apakah media tersebut dirancang untuk keperluan pembelajaran atau alat bantu mengajar (sebagai alat peraga).
  3. Menetapkan apakah dalam usaha mendorong kegiatan belajar tersebut akan digunakan strategi kognitif, afektif atau psikomotorik.
  4. Menentukan media yang sesuai dari kelompok media yang cocok untuk dipilih dengan mempertimbangkan ketentuan kriteria, kebijakan, fasilitas yang ada, kemampuan produksi, dan biaya.
  5. Me-review kembali kelemahan dan kelebihan media yang dipilih, bila perlu mengkaji kembali alternatif-alternatif yang ada.
  6. Perencanaan pengembangan dan produksi media tersebut.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Asnawir dan M. Basyirudin Usman, Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002). Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010).
Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran. Dalam pemilihan media, Pemilihan suatu media pembelajaran merupakan perluasan keterampilan berkomunikasi yang memerlukan suatu proses. Memilih media untuk tujuan...



Advertisement

No comments:

Post a Comment