.

Pengertian dan Jenis Skala

 

Kadang kala untuk mengetahui letak suatu kota, gunung, sungai, dan lain sebagainya pada suatu wilayah atau pulau tertentu, tidak mungkin melihat secara keseluruhan dalam keadaan sebenarnya. Perbandingan antara keadaan yang bersesuaian dalam bentuk denah, maket (model) dengan bentuk sesungguhnya yang tetap besarnya, disebut skala.
Ada beberapa jenis skala diantaranya, pertama: Skala gambar yang dibuat dengan menggunakan skala tertentu sehingga mewakili keadaan sebenarnya di antaranya adalah peta dan denah. Perbandingan jarak pada peta dengan jarak yang sebenarnya dinyatakan dalam bentuk angka/pecahan yang sederhana.
Kedua: Skala verbal (skala 1 inc: 1 mil atau skala 1 cm: 1 km) Jenis skala ini sering dipergunakan terutarna pada peta topografi di Amerika atau negara-negara lain yang menggunakan satuan bukan metrik.
Ketiga: Skala grafik (grafic scale atau bar scale). Skala ini ditunjukkan oleh garis lurus yang dibagi dalam bagian yang sama di mana tiap bagian menunjukkan kesatuan yang sama.
Ketiga: Skala peta dapat diartikan sebagai a) perbandingan jarak antara dua titik sembarang di peta dengan jarak horizontal kedua titik tersebut di permukaan bumi (dengan satuan ukuran yang sama), dan b) perbandingan antara jari-jari globe dengan jari-jari bumi (spheroid).
Untuk mengetahui jarak antara dua tempat pada suatu wilayah, tidak selalu dilakukan dengan pengukuran yang sebenarnya, tetapi cukup dengan menentukan jarak pada peta. Misalnya, menggambar sebuah mobil sesuai dengan ukuran aslinya. Dalam kasus ini tentu tidak dapat menggambarkannya dalam ukuran yang sebenarnya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara untuk memperkecil ukuran mobil yang dapat mewakili ukuran sebenarnya. Mobil dengan ukuran yang telah diperkecil inilah yang disebut dengan model.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Ponco Sujatmiko, The Essentials of mathematics for Grade VII of Junior High School and Islamic Junior High school, (Solo: Tiga Serangkai, 2010). http://www.autocad-tangerang.com/2013/01/pengertian-skala-pada-penggambaran.html
Pengertian dan Jenis Skala 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Ada beberapa jenis skala diantaranya, pertama: Skala gambar yang dibuat dengan menggunakan skala tertentu Kadang kala untuk mengetahui letak suatu kota, gunung, sungai, dan lain sebagainya pada suatu wilayah atau pulau tertentu, tidak mungkin me...


Advertisement

No comments:

Post a Comment