Skip to main content

Sekilas tentang ROHIS

Oleh: Mushlihin, S.Pd.I, M.Pd.IPada: March 15, 2013

ROHIS adalah singkatan dari Kerohanian Islam, yaitu wadah yang menampung siswa-siswi muslim. Kerohanian Islam barasal dari kata “Rohani” dan “Islam,” yang berarti sebuah lembaga untuk memperkuat keislaman, yang dikemas dalam bentuk ekstra kurikuler (eskul).
Dari segi kuantitas, ROHIS mempunyai peran yang besar dalam pembentukan perilaku keberagamaan siswa, hal menantang dan dituntut bagaimana agar mampu mengerahkan dan mengarahkan segenap potensi yang ada.
Ada beberapa defenisi tentang Kerohanian Islam antara lain menurut Koesmarwanti, Nugroho Widiyantoro. Menurutnya, ROHIS adalah wadah besar yang dimiliki oleh siswa untuk menjalankan aktivitas dakwah disekolah. Sie Kerohanian Islam ini merupakan Kegiatan Ekstra Kurikuler di luar jam pelajaran. Tujuannya untuk menunjang dan membantu memenuhi keberhasilan pembinaan Intra Kurikuler.
Kerohanian Islam (ROHIS) adalah organisasi dakwah Islam di kalangan pelajar dalam lingkungan suatu sekolah. Biasanya di bawah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).
Struktur dalam rohis layaknya OSIS. Terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing.
Menurut Koesmarwanti, biasanya dalam suatu kegiatan rohis ada seorang Pembina, yang dipimpin dan dibimbing oleh dewan Pembina, majelis pertimbangan, serta badan pengurus harian (BPH), yang terdiri dari guru-guru Agama Islam yang membina dan memeberikan saran/ nasihat bagi pengurus demi kemajuan Rohis pada umumnya. Fungsinya memberi bantuan berupa tenaga, saran, dan bimbingan dalam menjalankan dakwah sekolah.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Nugroho Widiyantoro, Panduan Dakwah Sekolah, Kerja besar untuk Perubahan Besar, (Bandung: Syaamil Cipta Media, 2003).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik referensi halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar