.

Prinsip Dasar Pendidikan Islam

 

Prinsip berasal dari kata principle yang bermakna asal, dasar, prinsip sebagai dasar pandangan dan keyakinan, pendirian seperti berpendirian, mempunyai dasar atau prinsip yang kuat. Adapun dasar dapat diartikan asas, pokok atau pangkal (sesuatu pendapat aturan dan sebagainya). Dengan demikian prinsip dasar pendidikan Islam bermakna pandangan yang mendasar terhadap sesuatu yang menjadi sumber pokok sehingga menjadi konsep, nilai dan asas bangunan pendidikan Islam.
Achmadi, menyatakan bahwa maksud dasar pendidikan ialah pandangan yang mendasari seluruh aktivitas pendidikan baik dalam rangka penyusunan teori, perencanaan maupun pelaksanaannya pendidikan. Karena kita berbicara pendidikan Islam, maka pandangan hidup yang mendasari seluruh kegiatan pendidikan ialah pandangan hidup Islami atau pandangan hidup muslim yang pada hakekatnya merupakan nilai-nilai luhur yang bersifat transenden, universal, dan eternal. Dengan nilai-nilai itulah kedudukan pendidikan Islam baik secara normatif maupun konsepsional berbeda dengan ilmu pendidikan lainnya.
Adapun sumber nilai dalam Islam adalah al-Quran dan sunnah Rasul. Karena banyaknya nilai yang terdapat dalam sumber tersebut, maka dipilih dan diangkat beberapa di antaranya yang dipandang fundamental dan dapat merangkum berbagai nilai yang lain, yaitu tauhid, kemanusiaan, kesatuan umat manusia, keseimbangan, rahmatan lil’alamin.
Dengan demikian, pendidikan Islam sangat ideal terutama dikarenakan memperhatikan kebersamaan, pengembangan diri, masyarakat, menggalakkan ilmu, dilakukan secara manusiawi, menyeluruh dan selalu berupaya meningkatkannya.
Prinsip-prinsip dasar pendidikan Islam adalah aspek-aspek fundamental yang menggambarkan dasar dan tujuan pendidikan Islam sehingga ia membedakannya dengan pendidikan non-Islam. Prinsip¬prinsip dasar pendidikan Islam itu meliputi:
  1. Pendidikan Islam adalah bagian dari proses rububiyah Tuhan
  2. Pendidikan Islam berusaha membentuk manusia seutuhnya
  3. Pendidikan Islam selalu berkaitan dengan agama
  4. Pendidikan Islam merupakan pendidikan terbuka.
M. Chabib Thoha menyatakan bahwa ketika Allah memperkenalkan misi manusia untuk mediami bumi dengan menjadikannya khalifah di bumi yaitu misi khalifah bukan penguasaan manusia atas manusia, melainkan juga tugas kependidikan sebagai konsekuensi tanggung jawab intelektual untuk menegakkan kebenaran. Karena itu hakekat pendidikan Islam bukan bertujuan untuk meleburkan sifat dan potensi Insani sehingga dapat menumbuhkan kesadaran dan kebenaran. Berdasarkan hal itulah maka dikemukakan bahwa prinsip-prinsip pendidikan Islam adalah sebagai berikut:
  1. Pendidikan Islam sebagai proses kreatif
  2. Prinsip percaya pada diri sendiri
  3. Pendidikan Islam memberi kebebasan untuk memilih dan
  4. Pendidikan berwawasan nilai.
Karakteristik inilah yang membedakan sekaligus mencerminkan eksistensi pendidikan Islam di tengah-tengah pendidikan lainnya. Pendidikan Islam mempunyai ikatan langsung dengan nilai-nilai dan ajaran Islam yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia.
Zakiyah Daradjat ketika membicarakan Ilmu Pendidikan Islam mengawali pembahasannya mengenai pandangan Islam terhadap manusia menyatakan bahwa pembahasan pendidikan Islam tidak mungkin melepaskan diri dari objek sasarannya yaitu manusia yang harus dibicarakan secara filosofis menurut pandangan Islam. Dalam hal ini dinyatakan bahwa manusia adalah makhluk Allah dan Dia beserta alam semesta bukanlah lahir terjadi dengan sendirinya, melainkan diciptakan Allah.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 1992). Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1997). Achmadi, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: Aditya Media, 1992). M. Athiyah al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Alih Bahasa Bustami A. Gani dan Djohar Bahry, (Jakarta: Bulan Bintang, 1970). H. Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999). M. Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarya: Pustaka Pelajar, 1996).
Prinsip Dasar Pendidikan Islam 4.5 5 Mushlihin Al-Hafizh Achmadi, menyatakan bahwa maksud dasar pendidikan ialah pandangan yang mendasari seluruh aktivitas pendidikan Prinsip berasal dari kata principle yang bermakna asal, dasar, prinsip sebagai dasar pandangan dan keyakinan, pendirian seperti berpendiri...



Advertisement

No comments:

Post a Comment