Pengertian dan Tahapan Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen merupakan kegiatan manusia hanya dalam lingkup yang terbatas. Perilaku konsumen akan selalu berubah-ubah sesuai dengan pengaruh sosial budaya yang semakin meluas, latar belakang sosial yang semakin meningkat, sehingga berusaha mencari motivasi dalam diri konsumen.
Seperti yang dikutip oleh Ristiyanti Prasetijo dan John J.O.I Ihalauw, menurut Schiffman dan Kanuk, perilaku konsumen didefinisikan sebagai proses yang dilalui seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan bertindak pasca konsumsi produk, jasa maupun ide yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya.
Jadi dapat dikatakan bahwa perilaku konsumen merupakan studi tentang bagai mana pembuat keputusan (decision units), baik individu, kelompok ataupun organisasi, membuat keputusan-keputusan beli atau melakukan transaksi pembelian suatu produk/jasa dan mengkonsumsinya.
Perilaku konsumen, dapat dilihat dari beberapa tahapan, yaitu:
  1. Tahap perolehan (acquisition): mencari (searching) dan membeli (purchasing)
  2. Tahap Konsumsi (consumption): menggunakan (using) dan mengevaluasi (evaluating)
  3. Tahap tindakan pasca beli (disposition): apa yang dilakukan oleh konsumen setelah produk/ jasa itu digunakan atau dikonsumsi.
Referensi Makalah®
Kepustakaan:
Muhammad Muflih, Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006). Ristiyanti Prasetijo dan John J.O.I Ihalauw, Perilaku Konsumen, (Yogyakarta, Andi, 2004).

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Muamalah dari Segi Bahasa dan Istilah

Pengertian Aurat Menurut Bahasa dan Istilah

Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Tujuan Laporan Hasil Penelitian